4 Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman kini, asuransi kesehatan tidak lagi dipandang sebelah mata, karena masyarakat Indonesia terutama orang awam sudah mulai memahami fungsinya dan bahkan saat ini asuransi semakin banyak diminati serta dicari. Sehingga, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat menjadikan perusahaan asuransi jiwa semakin bertambah banyak dengan memberikan produk-produk keunggulannya yang menarik, seperti prudential, jiwasraya, bumiputera, sun life financial, axa, bni life, astra life dan lainnya.

Meski banyak perusahaan asuransi, tapi terkadang masih ada orang yang belum sadar akan asuransi. Itu sebenarnya bukan masalah lantaran persentasenya hanya sebagian kecilnya saja. Pasalnya, asuransi jiwa dan kesehatan saat ini menjadi satu hal yang sangat penting dimiliki oleh masyarakat dalam kehidupan kita, bila suatu ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti kesehatan tubuh, kecelakaan dalam pekerjaan, tempat usaha terbakar, pendidikan dan sebagainya. Selain itu, asuransi juga bisa digunakan untuk masa depan atau masa tua kita sebagai tabungan investasi bila kita sudah tidak sanggup bekerja di perusahaan yang kita naungi sekarang. Meskipun di tempat kerja kita sudah diberikan asuransi kesehatan, tapi tidak ada salahnya kita perbanyak asuransi lainnya dalam bentuk tabungan investasi untuk modal membuka usaha kelak dan juga bisa untuk tabungan pendidikan sebagai persiapan anak ingin melanjutkan kuliah. Sebab, asuransi kesehatan yang kita dapatkan dari perusahaan terkadang pun tidak tercover untuk keluarga melainkan hanya untuk kita sebagai karyawan.

memiih asuransi 635x423 » 4 Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat
Tips memilih asuransi jiwa yang tepat

Untuk lebih memahami asuransi, kita juga perlu mengetahui apa itu asuransi karena bagi orang awam yang masih tinggal di daerah terpencil belum paham tentang itu. Asuransi atau pertanggungan menurut KUHD pasal 246 adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung yang mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk penggantian kepadanya karena suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya lantaran suatu peristiwa yang tidak tentu.

Pengertian asuransi yang lain merupakan suatu pelimpahan risiko dari pihak pertama kepada pihak lain. Dalam pelimpahan dikuasai oleh aturan-aturan hukum dan berlakunya prinsip-prinsip serta ajaran yang secara universal yang dianut oleh pihak pertama maupun pihak lain.

Dari segi ekonomi, asuransi berarti suatu pengumpulan dana yang dapat dipakai untuk menutup atau memberi ganti rugi kepada orang yang mengalami kerugian.

Setelah memahami asuransi lantas tidak dengan mudah kita bisa menaruh dana di perusahaan asuransi dengan asal-asalan, karena kita juga perlu memilih perusahaan asuransi jiwa yang tepat lantaran banyak sekali perusahaan-perusahan tersebut bermunculan. Ini dilakukan agar kita tidak salah pilih dan merasakan kenyamanan dengan produk asuransi jiwa yang kita ikuti. Berikut ini beberapa cara memilih asuransi jiwa untuk kebutuhan kita sendiri dan keluarga. Diantaranya adalah :

4 Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sama halnya membeli barang pada umumnya, kita perlu mengenal, memahami dan memastikan produk seperti apa yang kita beli menjadi hal utama yang harus diketahui terlebih dulu. Sebab, beberapa perusahaan asuransi tentunya akan menawarkan banyak produknya, jadi kita perlu memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan, kemampuan dan tujuan investasinya. Selain itu, risiko apa saja yang akan tertanggung. Contohnya, biaya pendidikan anak, jaminan hari tua atau penyakit kritis yang mungkin bisa terjadi. Kemudian, tidak ketinggalan pula klaim terhadap polis preminya mudah atau tidak untuk dicairkan bila suatu saat kita membutuhkan secara mendadak.

2. Anggaran yang Dimiliki

Hal yang paling penting lainnya ialah menyesuaikan anggaran yang kita miliki agar tidak mengganggu anggaran untuk kebutuhan lainnya. Pilihlah asuransi kesehatan murni yang preminya relatif lebih rendah dibandingkan asuransi plus investasi, jika kita membutuhkan manfaat asuransi kesehatan yang lengkap namun memiliki anggaran terbatas. Buatlah anggaran bulanan untuk membayar asuransi jiwa kita. Dalam teori perencanaan keuangan, cara idealnya ialah mengalokasikan pendapatan atau income antara 10%-20% untuk asuransi.

3. Kredibilitas Perusahaan Asuransi yang Dipilih

Asuransi merupakan perjanjian jangka panjang. Oleh karena itu kredibilitas perusahaan asuransi yang kita pilih, juga menjadi hal ini yang sangat penting. Pilihlah perusahaan asuransi yang tidak bermasalah dalam hal pengelolaan keuangannya. Memonitor perkembangan dan kinerja atau pengelolaannya salah satu cara yang dapat dilakukan. Pastikan apakah perusahaan asuransi yang kita pilih tidak bermasalah. Kita bisa melihat laporan keuangannya melalui surat kabar, atau media massa lainnnya. Lihat peringkat serta ratingnya. Perhatikan RBC (Risk Based Capital) perusahaan tersebut, apakah telah sesuai ketentuan pemerintah yang minimal 120%. Kenalilah dengan baik seluk beluk perusahaan yang akan dipilih.

4. Pelayanan

Pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan pelayanan ekstra. Seperti memiliki layanan pelanggan 24 jam. Hal ini tentunya akan membantu kita nantinya, jika membutuhkan informasi mengenai detail produk asuransi jiwa kapanpun kita butuhkan. Ketahuilah bagaimana prosedur klaim yang digunakan. Mulai dari persyaratannya sampai dengan berapa lama klaim Anda akan dibayar nantinya. Apakah perusahaan tersebut bekerja sama dengan pihak rumah sakit, sehingga memudahkan nasabah dalam mengajukan klaim, tanpa membayar terlebih dahulu. karena jika tidak, akan merepotkan para nasabah nantinya.

Semoga bermanfaat dengan tips memilih perusahaan asuransi jiwa yang tepat sebelum kita bergabung.