4 Tahap Memilih Asuransi Rumah Terbaik

Agen asuransi kali ini akan membahas mengenai 4 Tahap Memilih Asuransi Rumah Terbaik. Kebakaran, banjir, hingga kecurian, merupakan risiko yang bisa saja terjadi pada rumah Anda. Apakah Anda sudah mengetahui kalau risiko-risiko tersebut dapat ditanggung oleh asuransi rumah?

Banyak jenis asuransi rumah yang saat ini ditawarkan. Jika Anda ingin memilih asuransi untuk rumah Anda, maka Anda dituntut untuk membandingkan dan memilih produk yang memiliki perlindungan sesuai kebutuhan.

Tahap memilih asuransi rumah terbaik 635x333 » 4 Tahap Memilih Asuransi Rumah Terbaik
Tahap memilih asuransi rumah terbaik (Ilustrasi: premierinsurance.ie)

Berbagai macam produk asuransi properti ditawarkan. Mulai dari yang hanya menawarkan perlindungan kebakaran saja, hingga perlindungan menyeluruh untuk semua risiko yang terjadi pada seluruh harta benda yang Anda miliki di rumah.

Dengan bermacamnya risiko yang bisa saja terjadi dengan rumah Anda, pilihan pun akan mengarah pada produk yang memiliki perlindungan menyeluruh. Di sinilah perlunya teknik tersendiri untuk memilih perusahaan dan juga jenis asuransi yang bisa memberikan perlindungan atau proteksi dari segala jenis risiko pada secara Anda secara total. Bagaimana caranya?

Baca juga:

Cara Memilih Asuransi Rumah Terbaik

  1. Bandingkan

Inilah tahap awal yang harus Anda lakukan. Cobalah sebanyak mungkin untuk melakukan pilihan. Dengan begitu, Anda akan mudah untuk melakukan perbandingan tentang perusahaan penyedia produk asuransi rumah.

Jangan bingung dahulu, sebab tujuan Anda di sini ialah dapat membuat keputusan terbaik dengan membandingkan biaya dan manfaat dari bermacam perusahaan asuransi rumah tersebut.

Untuk menghemat waktu dan biaya dalam melakukan perbandingan, cobalah untuk melakukan perbandingan online. Anda juga dapat langsung mengajukan asuransi rumah atau melakukan konsultasi gratis melalui cara online tersebut.

2. Mengetahui Jaminan

Sebagai konsumen, Anda memang diuntungkan dengan banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk asuransi rumah. Karena dengan begitu, Anda mempunyai banyak pilihan dalam melakukan perbandingan. Hal yang perlu dilakukan di sini ialah cari tahu dan perhatikan perlindungan apa saja yang dimiliki oleh masing-masing produk.

Apa saja yang terlindungi oleh perusahaan asuransi yang akan Anda daftar nantinya. Misalnya saja risiko kebakaran. Risiko kebakaran ini bisa terjadi karena berbagai hal; seperti korsleting, arus pendek, sambaran petir, kejatuhan pesawat, ledakan, atau karena terjadinya kerusuhan.

Tanyakan bagaimana perusahaan asuransi yang akan Anda daftar tersebut memandang terjadinya risiko ini. Dengan begitu, Anda pun akan lebih jelas mengetahui risiko mana yang memang dijamin oleh perusahaan asuransi tersebut, karena sebab apa risiko tersebut bisa dijamin, dan risiko apa yang tidak dijamin. Dengan memiliki kejelasan tentang hal ini pada awal perjanjian, Anda pun tidak akan ragu untuk mengambil keputusan.

3. Ketahui Proses Klaim

Semua orang pasti tidak menginginkan risiko terjadi pada rumahnya. Tapi jika semuanya terjadi, maka Anda wajib melakukan klaim kerugian kepada perusahaan asuransi yang telah Anda daftar. Pertanyaannya, sulit atau tidak klaim yang akan Anda lakukan nantinya?

Karena itulah, dalam proses perbandingan yang Anda lakukan cobalah untuk bertanya secara detail tentang prosedur klaim yang berlaku di tiap perusahaan yang menyediakan asuransi rumah. Pastikan bila nantinya Anda tidak merasa kesulitan dalam pengurusan klaim ketika risiko yang tidak diinginkan menimpa rumah Anda.

Untuk menambah informasi, Anda juga dapat menanyakan hal ini kepada para ahli asuransi yang mengasuh forum finansial. Agar mudah dan mendapatkan jawaban cepat, lakukan dalam forum online. Dalam forum tersebut, tanyakan juga pendapat orang lain yang telah menggunakan jasa perusahaan asuransi rumah.

4. Mengetahui besarnya Biaya dan Nilai Pertanggungan

Hal inilah yang biasanya menjadi faktor penentu keputusan Anda. Karena pastinya Anda akan berhitung, berapa biaya yang harus Anda bayarkan dan keluarkan, dan berapa nilai pertanggungan yang akan didapatkan. Nilai pertanggungan ini adalah penggantian yang akan diterima saat klaim.

Sekali lagi, tidak ada yang mengiginkan risiko apapun terjadi pada rumahnya. Catatannya, ialah jangan sampai risiko justru terjadi saat Anda telah menerima uang pertanggungan, dana tersebut pasti tidak cukup untuk membangun rumah Anda kembali. Di sinilah perlunya Anda melakukan perhitungan cermat dan membandingkan dengan lamanya kontrak asuransi. (Sumber: Okezone)

Demikianlah 4 Tahap Memilih Asuransi Rumah Terbaik, semoga bermanfaat.