5 Alasan Pentingnya Mempunyai Asuransi Kebakaran

5 Alasan Pentingnya Mempunyai Asuransi Kebakaran – Lihat saja selama setahun ini banyak sekali kebakaran yang terjadi, entah karena kelalaian manusia maupun cuaca yang sangat panas. Kebakaran dapat disebabkan oleh aktivitas memasak, penggunaan alat elektronik, merokok, korsleting listrik atau faktor lainnya. Kebakaran bukan hanya merusak properti tetapi juga harta benda beserta dokumen dan surat-surat penting anda.

Kebakaran merupakan ancaman yang tidak bisa dianggap remeh, jika sudah terjadi api dapat melahap semua harta benda anda dalam waktu yang sangat singkat. Oleh karena itu, anda membutuhkan proteksi apabila musibah ini terjadi. Lebih baik anda persiapkan sesegera mungkin, karena tak tahu apa yang terjadi di masa depan. Proteksi bisa anda dapatkan apabila mendaftarkan sebagai nasabah asuransi kebakaran di sebuah perusahaan asuransi.

Bukankah ada pepatah sedia payung sebelum hujan, nah asuransi itu bagaikan payungnya dan musibah bagai hujannya. Jadi saat terjadi sesuatu musibah kebakaran anda tidak terlalu bersedih atas kerugiannya. Sebab, pihak asuransi akan menanggung segala kerugian anda tetapi jika persyaratan klaim terpenuhi dengan baik.
Asuransi kebakaran adalah jenis produk asuransi yang melindungi atas kerugian harta benda meliputi strukur dan isi rumah anda dari kebakaran. Asuransi kebakaran menyediakan bantuan secara finansial untuk mengganti harta benda yang dilahap api. Dengan memiliki asuransi kebakaran, diharapkan kehidupan anda beserta keluarga dapat berjalan normal seperti biasanya secepat mungkin. Ingatlah bahwa penanggungan asuransi kebakaran itu akan hanya mengembalikan kerugian finansial seperti sebelum mengalami musibah kebakaran. Jadi, tidak ada keuntungan lainnya yang didapat nasabah atas musibah yang terjadi dari perusahaan asuransi.

Secara umum, risiko yang ditanggung oleh polis asuransi kebakaran adalah kerugian atas kebakaran yang diakibatkan kelalaian manusia atau lainnya. Selain itu, polis juga menanggung risiko kerugian yang diakibatkan oleh ledakan bom, asap, petir yang asalnya dari harta benda anda yang telah diasuransikan. Bukan hanya itu saja, asuransi kebakaran juga memberikan proteksinya karena benturan fisik yang disebabkan oleh pesawat terbang atau helikopter terhadap harta benda yang telah anda asuransikan.

5 Alasan Pentingnya Mempunyai Asuransi Kebakaran

Kebakaran 635x423 » 5 Alasan Pentingnya Mempunyai Asuransi Kebakaran
Pentingnya asuransi kebakaran (Ilustrasi/pixabay)

Di bawah ini ada 5 alasan pentingnya mempunyai asuransi kebakaran, yaitu :

  1. Agar terhindar dari bangkrut

Rumah, kantor, toko atau properti lainnya merupakan aset penting bagi anda yang perlu dijaga dengan baik. Jika terjadi sesuatu padanya tentu kerugian yang ditimbulkan tidak sedikit. Properti merupakan investasi jangka panjang yang mampu memberikan keuntungan berlipat ganda di masa depan. Apabila tidak diasuransikan, apa jadinya? Perlu biaya yang tidak sedikit untuk membangunnya kembali, kemungkinan anda sampai meminjam uang pada bank atau badan pengelola keuangan lainnya ketika terjadi suatu musibah pada properti anda.

Bukannya sangat merepotkan dan membuat anda selalu berurusan dengan hutang. Anda harus terbiasa menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk menyicil hutang bank, lalu setelah itu hidup anda akan berubah. Yang biasanya hidup berkecukupan, maka harus hidup sederhana. Namun, keadaan menjadi berbeda jika anda mempunyai asuransi penjaga properti anda. Harta benda anda akan dikembalikan oleh perusahaan asuransi seperti sebelum terjadi musibah kebakaran atau lainnya yang termasuk dalam polis. Sehingga hidup anda tidak terpuruk, tetapi cepat bangkit membangun masa depan yang lebih baik lagi.

2. Mengganti benda yang rusak akibat kebakaran

Asuransi kebakaran bukan hanya menanggung biaya kerugian atas bangunan saja, melainkan juga mengganti biaya atas kerusakan benda-benda anda yang terbakar di dalam bangunan. Syarat mutlak penggantian adalah kebakaran yang terjadi tidak akibat dari ulah anda sendiri sebagai tertanggung. Jadi, anda tidak perlu membeli lagi benda-benda yang sebelumnya berada dalam properti yang terbakar.

3. Disediakan tempat tinggal sementara

Sebelum penggantian dan perbaikan bangunan selesai, pihak asuransi menjamin hidup anda sebagai nasabah agar tetap nyaman. Pihak asuransi menyediakan tempat tinggal sementara untuk anda dan keluarga. Tempat tinggal ini merupakan fasilitas pihak asuransi yang diberikan secara cuma-cuma kepada nasabahnya yang mengalami musibah. Tentu membuat anda beserta keluarga tidak kebingungan mencari tempat tinggal selama rumah dalam perbaikan.

Tidak perlu menumpang pada saudara, teman, sahabat, tetangga atau orang lainnya. Mungkin bila anda tinggal menumpang membuat anda sekeluarga tidak nyaman dan biasanya malah menimbulkan konflik dengan pemilik. Tetapi dengan memiliki asuransi kebakaran anda dapat tinggal secara nyaman, menyenangkan, dan tidak menimbulkan masalah apapun dengan orang lain.

4. Biaya polisnya terjangkau

Umumnya biaya polis asuransi kebakaran di Indonesia cukup terjangkau, bila dibandingkan manfaatnya. Biasanya polis Standar Kebakaran Indonesia, besarnya premi sekitar 0,5 per mil dari seluruh total aset. Misal, anda memiliki rumah yang nilainya 500 juta, maka besarnya premi yang dibayarkan yaitu 0,5 per 1000 kali 500 juta, hasilnya 250 ribu per tahun. Tentu nilai pertanggungan jika dibandingkan dengan nilai premi sangatlah jauh.

5. Memberikan rasa aman di hati

Perlindungan yang sudah anda miliki untuk resiko musibah yang mungkin saja terjadi, mampu memberikan anda sekeluarga rasa aman. Anda dan keluarga tidak lagi memikirkan bagaimana mengganti kerugian bila ada musibah yang terjadi menerpa rumah. Walau anda sekeluarga meninggalkannya dalam waktu yang cukup lama tidak terlalu khawatir karena semuanya akan dilindungi oleh asuransi kebakaran.

Itulah ke-5 alasan pentingnya mempunyai asuransi kebakaran, yang bisa menyehatkan lagi keuangan anda setelah kebakaran terjadi. Anda tak perlu merepotkan orang lain jika mempunyai asuransi kebakaran. Walaupun kebakaran belum tentu terjadi pada bangunan anda, tetapi dengan adanya asuransi kebakaran, berarti risiko masalah telah anda padamkan sehingga hidup anda dan keluarga lebih tenang. Selain itu nilai premi tak seberapa dengan nilai pertanggungan yang diberikan. Jadi asuransi kebakaran memang tidak sia-sia bagi anda.