5 Macam Orang yang Wajib Mempunyai Asuransi

Kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya asuransi sudah mulai tergugah. Seiring dengan adanya perkenalan dan pendidikan tentang asuransi membuat masyarakat tahu kegunaan asuransi. Sebab hidup di dunia ini tak ada yang pasti, siapa yang tahu akan sakit, terkena musibah kecelakaan, kebakaran, pencurian dan lain-lain. Jika ada asuransi masalah finansial yang ditimbulkan karena kejadian tersebut dapat teratasi dengan baik. Jadi, setelah peristiwa itu anda sekeluarga tidak kebingungan menjalani hidup selanjutnya.

Beban yang seharusnya anda tanggung justru menjadi beban pihak asuransi, tentu anda merasa nyaman menjalani aktivitas sehari-hari. Mungkin anda diharuskan membayar premi dan melakukan seluruh administrasi pendaftaran, namun manfaat yang anda dapat, bisa melebihi itu. Dalam memilih asuransi merupakan keputusan penting yang mesti sesuai dengan kebutuhan anda. Anda boleh mendengarkan saran dari orang lain, tetapi pastikan anda sendiri yang memilih jenis asuransi mana yang tepat untuk anda dan keluarga. Kalau bisa semua orang mempunyai asuransi untuk menjamin hidupnya, setidaknya asuransi jiwa.

Nah, di bawah ini beberapa orang yang harus mempunyai asuransi, adalah :

5 Macam Orang yang Wajib Mempunyai Asuransi

sendiri 423x635 » 5 Macam Orang yang Wajib Mempunyai Asuransi
Orang yang wajib memiliki asuransi (Ilustrasi/pixabay)
  1. Masih lajang dan sukses

Usia muda terlebih lagi masih lajang sangat disarankan mempunyai asuransi sebagai penjaga hidupnya. Asuransi diperlukan anda yang masih lajang untuk memproteksi diri dari kejadian tak terduga. Lihat saja sekarang ini, penyakit kronis siap menyerang kapan saja, baik usia muda maupun tua. Daripada uang dihambur-hamburkan untuk keperluan kurang penting, lebih baik dipakai untuk membayar premi yang nantinya malah menguntungkan anda. Risiko yang seharusnya anda tanggung dan alami akan menjadi tanggungan perusahaan asuransi yang menaungi anda. Istilahnya anda memindahkan risiko ke pihak asuransi.

2. Pasangan muda baru saja menikah

Apakah anda pasangan yang baru saja menikah, yang sedang menikmati indahnya kebersamaan berdua? Jangan lupa jaminlah hidup anda dengan mempunyai asuransi, mumpung anda belum mempunyai anak, pergunakanlah sebagian penghasilan anda berdua untuk ikut asuransi. Sebagai langkah waspada terhadap kejadian buruk yang kapan saja bisa menimpa kalian. Membeli asuransi sekarang harga preminya akan lebih murah bila dibandingkan dengan membeli pada tahun berikutnya. Anda juga jadi lebih leluasa dalam memilih jenis asuransi mana yang tepat untuk diri anda dan pasangan. Kebutuhan di awal pernikahan juga belum banyak, sehingga kalian merasa ringan dalam membayar premi tiap bulannya.

3. Keluarga muda yang mapan

Selain pasangan muda yang baru saja menikah, sebaiknya keluarga muda nan mapan juga perlu mempunyai asuransi. Daripada menghamburkan uang untuk keperluan yang tidak jelas alurnya, lebih baik untuk memproteksi diri beserta keluarga. Sehingga ketika terjadi sesuatu anda tidak akan mengalami kerugian yang besar. Hal ini juga menjadi langkah yang menghindarkan anda dari penelantaran terhadap keluarga. Di mana uang pertanggungan sangat bergantung dari pendapatan anda. Selain itu, besarnya jumlah uang pertanggungan juga berdasarkan dari perkiraan biaya tanggungan hidup nasabah. Jadi, apabila terjadi sesuatu hal kepada anda yang menyebabkan tidak bisa membiayai atau mengurus keluarga lagi, maka pihak asuransi bersedia menanggung biaya hidup anda sekeluarga. Dengan begitu, kehidupan keluarga anda tetap sejahtera setelah peristiwa buruk yang anda alami.

4. Pasangan bekerja tetapi tanpa anak

Walaupun setelah bertahun-tahun anda menikah dan belum mempunyai anak, tetapi meninggalkan pasangan hidup anda tanpa penghasilan dapat memberatkan hidup orang yang anda cintai itu. Bukankah setelah anda meninggal atau tidak bisa bekerja, pasangan anda akan berusaha mencari jalan untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Ingat pasangan adalah orang terbaik yang mempunyai kontribusi besar dalam hidup anda selama ini, tentu anda tidak mau meninggalkannya dengan keadaan finansial kurang mapan. Mungkin asuransi jiwa cukup membantu anda dalam menjamin hidup pasangan.

5. Keluarga yang memasuki masa pensiun

Saat memasuki masa pensiun, anda sudah tidak lagi menanggung kebutuhan hidup anak-anak atau tanpa tanggungan lagi, Mungkin tanpa mempunyai asuransi jiwa masih dapat dilakukan. Namun, berbeda halnya dengan anda yang mempunyai tanggungan anak dan keluarga lainnya, tentu sangat memerlukan asuransi untuk menanggung kehidupan mereka setelah anda meninggal. Dalam membeli asuransi pensiun anda harus memperhitungkan untung atau ruginya, sebab umumnya harga premi pada usia pensiun lebih mahal.

Alangkah baiknya jika asuransi jiwa anda beli selagi muda, sehingga masa tua akan anda nikmati dengan ketenangan tanpa memikirkan sesuatu yang rumit lagi. Jika anda siapkan ketika muda, mungkin saat masa pensiun tiba anda sudah tidak lagi membayar premi. Anda tinggal memetik buah yang anda tanam ketika muda. Kerja keras anda pun tak sia-sia dengan mempunyai asuransi, masa pensiun jadi menyenangkan dan masih mampu membahagiakan orang sekitar. Masa pensiun merupakan saatnya anda istirahat dari dunia luar yang penuh tekanan.

Berikut ini beberapa manfaat asuransi jiwa, yaitu :

  • Meminimalisir risiko dari kejadian yang tak terduga. Sebab, akibat kejadian tersebut mau tak mau anda rela mengeluarkan dana lebih besar. Dengan mempunyai asuransi jiwa dapat membantu anda menangani masalah finansial yang ditimbulkan akibat peristiwa tak terduga.
  • Dipandang berdasarkan pihak yang ditanggung, jadi keluarga lebih terjamin. Saat terjadi kecelakaan tentu memakan banyak biaya untuk pengobatan serta perawatan, dalam hal ini asuransi jiwa akan menanggung semua biaya tersebut.
  • Memberikan bantuan dalam menyiapkan masa depan. Asuransi jiwa juga menjamin pendidikan anak anda, pengeluaran setiap bulannya serta keperluan yang sifatnya rutin.
  • Adanya bermacam-macam fasilitas yang bisa anda dapatkan dengan mempunyai asuransi jiwa.
  • Berbagai fasilitas tersebut menguntungkan anda terutama di saat masa sulit pada kemudian hari.
  • Bila anda sebagai keluarga, mempunyai asuransi jiwa dapat memastikan hidup pasangan serta anak-anak anda di masa depan sangat baik dan berkecupan.

Demikianlah 5 Macam Orang yang Wajib Mempunyai Asuransi, semoga bermanfaat.