5 Macam Produk Asuransi yang sebaiknya Perlu Anda Miliki

5 Macam Produk Asuransi yang sebaiknya Perlu Anda Miliki – Asuransi merupakan produk finansial yang bermanfaat dalam melindungi diri dari semua risiko kerugian secara finansial yang bisa saja terjadi di kehidupan ini. Berkenaan dengan hal itu, perlindungan yang mampu diberikan oleh pihak asuransi akan membuat anda menjadi lebih tenang ketika melakukan sesuatu dan bekerja maksimal. Asuransi memang sangat dibutuhkan oleh kita dalam melangkah mengarungi kehidupan.
Sebab, kita tidak pernah tahu dengan apa yang akan terjadi kelak di masa depan, mungkin saja terjadi kebakaran rumah, kecelakaan, ataupun terkena penyakit kronis dan lainnya. Jika salah satu diantara hal itu terjadi, tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Bisa-bisa sampai membuat anda jatuh miskin atau bangkrut bahkan terlilit hutang, tapi kalau anda sudah mempunyai asuransi tentu ceritanya akan berbeda, pihak asuransilah yang menanggung biaya tersebut.

Sebelum nasib buruk terjadi dalam hidup anda sebaiknya persiapkan proteksi secara finansial. Selain melindungi juga bisa sebagai investasi di masa tua nanti. Jadi, sebenarnya tidak ada ruginya kita membeli polis asuransi asal perusahaannya terpercaya. Nah, inilah 5 macam produk asuransi yang sebaiknya perlu anda miliki, yaitu :

5 Macam Produk Asuransi yang sebaiknya Perlu Anda Miliki

Asuransi Yang Wajib Anda Miliki » 5 Macam Produk Asuransi yang sebaiknya Perlu Anda Miliki
Asuransi Yang Wajib Anda Miliki (Gambar Ilustrasi/Kompas.com)
  1. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan yaitu produk asuransi yang memberikan perlindungannya kepada masalah kesehatan dengan bermacam jenis skema dan pilihan kegunaan asuransi. Sekarang ini, pemerintah sudah mempunyai program khusus asuransi kesehatan yang tersedia untuk seluruh masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan itu dikelola oleh BPJS kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) dan disebut dengan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).
Pembayaran premi tiap bulannya pun sangat terjangkau bagi masyarakat, bahkan terdapat pilihan besarnya pembayaran berdasarkan kelas pelayanan rumah sakit yang diinginkan. Dengan memilikinya ketika anda sakit, tak perlu memikirkan biaya perawatan rumah sakit karena berapapun besarnya ditanggung oleh BPJS kesehatan. Selain rumah sakit, juga bisa berobat kepada dokter atau klinik yang sudah bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Jadi tak harus di rumah sakit.

Namun, apabila anda menginginkan pelayanan asuransi kesehatan yang lebih baik, dapat memilih asuransi kesehatan yang pengelolanya perusahaan swasta. Beragam jenis manfaat produknya lebih menarik dan banyak pilihannya, mulai dari persalinan, periksa gigi, perawatan inap, ganti kacamata, dan masih banyak lainnya. Tunjuklah produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhan anda serta harga premi yang dapat dijangkau oleh penghasilan anda.

Terlebih lagi sekarang ini, beberapa perusahaan asuransi mengeluarkan program asuransi unit link. Yaitu pembayaran premi tiap bulan bukan hanya sebagai proteksi kesehatan, namun sekaligus sebagai investasi saham. Cukup menarik untuk anda yang senang berinvestasi mengembangkan finansial untuk masa depan.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa ialah produk asuransi yang memberikan proteksinya apabila terjadi risiko kematian terhadap si pemegang polis. Memiliki asuransi jiwa berarti anda tak perlu khawatir lagi kepada ahli waris jika anda meninggal dunia. Karena produk asuransi ini memberikan perlindungan dengan jangka panjang pada ahli waris.

Selain asuransi jiwa ada juga asuransi jiwa kredit, yang umumnya jadi produk bundling bersama fasilitas kredit di bank. Fungsinya adalah memberikan perlindungan kepada bank bila terjadi kemungkinan nasabah meninggal. Karena dalam keadaan seperti itu nasabah mempunyai potensi gagal membayar cicilan kreditnya, maka pihak asuransi yang bersangkutanlah bertanggung jawab membayarkan sisa cicilan hutangnya kepada pihak bank.

3. Asuransi pendidikan

Pendidikan sangat penting bagi masa depan anak-anak kita. Walau kita hanya lulusan SMA saja, tetapi yakinlah agar anakmu mampu menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Seiring berjalannya waktu perkembangan ilmu pengetahuan semakin tinggi. Jika anak anda tidak dibekali dengan pendidikan tinggi apa jadinya? Dia akan merasa minder, sulit bergaul, bahkan sulit mencari penghasilan untuk mempertahankan hidupnya. Tak maukan seperti itu?
Untuk itu, mulailah sedini mungkin membeli polis asuransi untuk pendidikan anak. Asuransi pendidikan sama dengan tabungan untuk biaya pendidikan anak-anak anda di masa depan di tengah besarnya biaya pendidikan. Asuransi pendidikan cukup mudah ditemukan kok, karena telah banyak bank yang mengeluarkan produk tabungan yang lengkap dengan asuransi pendidikan. Jadi secara otomatis sudah terdaftar sebagai peserta suransi pendidikan.

4. Asuransi properti

Punya rumah, toko, kantor atau bangunan lainnya? Yang kemungkinan berhadapan dengan risiko bencana alam, kerusakan, kebakaran dan kerugian lainnya. Nah, lindungilah harta benda anda tersebut, sayangkan jika mengalami keburukan dan anda tak bisa berbuat apa-apa. Daftarkanlah properti anda pada produk asuransi properti, atau bisa juga memilih yang All Risk, yaitu memberikan proteksi terhadap semua jenis kerusakan berdasarkan pengecualian tertentu.
Bukan hanya meliputi bangunan sudah jadi dan ditempati saja, tetapi asuransi properti berlaku pada yang properti yang masih berlangsung proses pembangunannya. Apabila terjadi sesuatu terhadap properti anda yang menimbulkan kerugian secara finansial, ajukanlah klaim supaya kerugian tersebut ditanggung pihak asuransi.

5. Asuransi Mobil

Bagi anda yang mempunyai mobil entah mobil mewah atau kurang mewah, ada baiknya memberikan proteksi kepada mobil anda. Belilah segera polis asuransi mobil sehingga melindungi mobil anda terhada resiko kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusakan. Pilih produk asuransi berdasarkan kebutuhan anda untuk mobil tercinta.

Kalau melihat berita di koran atau di TV pasti cukup prihatin setiap hari ada aja kecelakaan. Hal ini tentu membuat hati anda miriskan? Makanya proteksi mobil anda secepatnya dan jangan lupa sesuaikan juga dengan budget tiap bulannya ya! Hindari pembayaran preminya hingga memangkas budget kebutuhan lainnya. Sebab, imbasnya kebutuhan anda tidak terpenuhi dengan semestinya, pengelolaan keuangan jadi kacau.

Itulah sedikit penjelasan tentang produk asuransi yang perlu anda miliki. Dengan begitu membuat anda mengerti betapa pentingnya asuransi bagi kehidupan kita. Hal yang wajib anda ingat adalah sesuaikan pembayaran premi dengan sisa uang anda stiap bulannya. Lalu upayakan agar diri anda paham benar atas produk asuransi beserta peraturannya.