5 Manfaat Penting Dari Asuransi Perjalanan yang Perlu Anda Ketahui

5 Manfaat Penting Dari Asuransi Perjalanan yang Perlu Anda Ketahui – Setiap kali ingin mengunjungi keluarga, bertemu sahabat, ataupun mudik mesti melakukan perjalanan. Dan akan menyenangkan jika dilakukan bersama teman, sahabat, atau keluarga. Terlebih lagi jika di moment besar keluarga ataupun hari raya, semua orang berkumpul berbagi kebahagiaan. Kalau tidak hadir rasanya menusuk di hati, tak bisa melepas kerinduan dan menyesal tak bisa melewati saat indah bersama keluarga. Sebab, moment tersebut bisa saja tak terulang di tahun berikutnya.

Untuk bisa sampai di rumah anda perlu alat transportasi yang mengantarkan. Baik kereta, kapal, atau pesawat, entah itu melalui jalur darat, laut maupun udara, setiap perjalanan melalui jalur mana saja pasti ada risikonya. Memang saat kita melakukan perjalanan harus yakin akan selamat sampai tujuan. Berdo’a merupakan cara tepat mengusir kegundahan serta kekhawatiran dalam hati.

Namun, mulai sekarang anda harus berpikir cerdik untuk perlindungan saat melakukan perjalanan jauh. Pikirkanlah tentang asuransi perjalanan, sehingga ketika terjadi sesuatu anda sudah mempunyai pertanggungan secara tepat. Anda tak perlu susah payah mencari agen asuransi perjalanan untuk mendaftarkan diri, tetapi setiap biro perjalanan sudah memberikan asuransi perjalanan bagi para konsumennya. Biasanya pernyataan tersebut tertera pada tiket bus, kereta atau pesawat yang anda beli. Nah, untuk manfaat lebih lengkapnya agar anda mengerti, simak ulasan kami di bawah ini :

5 Manfaat Penting Dari Asuransi Perjalanan yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat asuransi perjalanan » 5 Manfaat Penting Dari Asuransi Perjalanan yang Perlu Anda Ketahui
Manfaat asuransi perjalanan (Ilustrasi/Futuready.com)
  1. Menanggung biaya perawatan rumah sakit

Siapapun pasti tidak mau waktu liburannya terganggu oleh sakit, tetapi hal itu mungkin saja terjadi. Karena sakit dari Tuhan bisa diturunkan kepada anda kapan saja entah waktu santai, kerja atau ketika liburan. Bayangkan jika tiba-tiba anda sakit di tengah-tengah perjalanan menuju tempat liburan, sementara itu liburannya ke luar negeri juga. Sehingga, apabila melakukan perawatan di rumah sakit tentu mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

Lalu bagaimana melunasi biaya tersebut? Tenanglah, telah ada asuransi perjalanan. Anda tak perlu mengeluarkan uang budget liburan untuk biaya rumah sakit. Makanya, pastikan tiket perjalanan atas nama diri anda sendiri jangan nama orang lain. Biasanya karena ingin mendapatkan promo yang diadakan oleh pihak biro perjalanan, seseorang rela menjadikan satu namanya. Hal ini umum terjadi saat membeli tiket bus yang apabila punyai 10 tiket gratis 1 tiket perjalanan. Padahal pihak asuransi hanya akan memberikan pertanggungannya bila nama tiket sesuai dengan nama di kartu identitas. Kalau begini pilih mana? Promo apa keselamatan?

2. Sumbangan atas kematian korban kecelakaan

Anda atau saya tak akan ada yang tahu kapan waktunya meninggal dunia, bisa sekarang, besok, sebulan lagi atau waktu lain. Kita tidak bisa meminta agar meninggal di rumah maupun dimana yang disenangi. Apa jadinya jika anda meninggal pada kecelakaan saat melakukan perjalanan. Padahal anda belum mempunyai persiapan apapun untuk ditinggalkan keluarga, terlebih lagi anda merupakan tulang punggung keluarga. Bagaimana nasib istri, anak, ibu, dan keluarga anda lainnya yang ikut anda nafkahi setelah meninggal?

Inilah manfaat asuransi perjalanan ketika alat transportasi mengalami kecelakaan dan ada yang meninggal dunia, pihaknya bersedia memberikan sumbangan kematian. Yang mungkin besarnya mampu mengurus biaya kematian serta sisanya untuk kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.

3. Adanya kompensansi apabila terjadi keterlambatan atau pembatalan perjalanan

Ketika bepergian menggunakan jasa transportasi umum, terkadang terjadi penundaan bahkan pembatalan perjalanan. Masalah ini tentu merugikan anda sebagai pihak pengguna jasa biro tersebut. Karena sudah mempunyai asuransi perjalanan, kerugian anda terganti dengan pemberian kompensasi oleh perusahaan asuransi.

Contoh, anda seharusnya terbang dengan pesawat A hari ini jam tiga sore, tetapi karena suatu hal pesawat mendadak tidak bisa diberangkatkan pada waktu tersebut. Ada pihak asuransi yang memberikan kompensansi menginap gratis di hotel yang telah bekerja sama dengan pihak maskapai penerbangan pesawat A. Setiap perusahaan asuransi mempunyai kompensansi yang berbeda-beda untuk diberikan kepada pesertanya, berdasarkan peraturan/ ketentuan dari perusahaan asuransinya. Jika anda mengalami kejadian semacam ini, usahakan jangan sungkan mengajukan klaim karena itu hak anda.

4. Apabila mengalami rusak/ kehilangan bagasi mendapat pergantian

Kehilangan ataupun kerusakan bagasi seringkali terjadi ketika melakukan suatu perjalanan dengan transportasi umum. Takutnya hal ini tidak ada yang bertanggung jawab dan akhirnya membuat anda sedih. Untung saja, anda sudah terdaftar dalam asuransi perjalanan, sehingga dapat mengajukan klaim atas kerusakan atau kehilangan bagasi yang anda alami. Kemudian pihak asuransi memberikan kompensasi yang besarnya telah ditentukan perusahaan.

5. Menanggung kerugian anda akibat bencana alam dan ter*risme

Kita tak pernah tahu kapan kejahatan terjadi, seperti yang anda lihat di televisi banyak kasus aksi ter*risme yang dilakukan di dalam transportasi umum. Mungkin saja, aksi ini merugikan anda, baik dalam bentuk fisik, mental serta finansial. Inilah saatnya asuransi perjalanan berfungsi, mereka akan menanggung segala kerugian yang diakibatkan oleh tindak ter*ris. Selain itu, asuransi perjalanan juga bertanggung jawab atas musibah bencana alam yang mungkin saja dialami jasa transportasi.

Dengan memiliki asuransi, rasa aman selalu menyertai anda. Ketika anda sudah merasa aman biasanya menunjukkan perilaku yang positif. Bukannya sedikit-dikit ragu melakukan sesuatu, tidak berani melakukan perjalanan karena takut risikonya, bahkan kekhawatiran yang hadir dalam hati mampu membuat pikiran stres. Lebih baik pasrahkan semua kepada Tuhan dan asuransi yang telah anda pilih. Percayalah bahwa Tuhan memberikan pertanggungan secara mental sementara asuransi memberikan pertanggungan secara fisik dan dunia. Setidaknya dengan mempunyai asuransi anda tidak mengalami kerugian besar atas apa yang terjadi, karena pihak asuransi masih memikirkan anda.

Demikianlah 5 Manfaat Penting Dari Asuransi Perjalanan yang Perlu Anda Ketahui, semoga bermanfaat.