5 Panduan Dalam Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

5 Panduan Dalam Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat – Jika anda bepergian ke mana saja, pastikan anda telah mempunyai perlindungan diri dan keluarga yang tepat. Yang bisa menjamin kerugian yang mungkin saja anda alami selama perjalanan. Perlindungan yang maksimal sehingga membuat anda sekeluarga merasa nyaman, aman, tenang dan menyenangkan ketika menikmati perjalanan.

Di perjalanan terkadang sangat mengkhawatirkan dimana jika melalui daratan bertemu dengan berbagai macam kendaraan darat seperti mobil, motor, truk, container, dan lain-lain menjadi satu di jalan tersebut dengan kecepatan yang berbeda. Lalu bila melalui laut kita dihadapkan dengan ombak besar, bila lewat laut dihadapkan angin kencang, awan pekat atau asap. Semua jalur mempunyai resiko masing-masing. Tetapi sebagai manusia sebaiknya kita pasrahkan kepada Tuhan dengan tetap berusaha melindungi diri.

Selain faktor dari luar, terkadang dalam perjalanan juga anda atau keluarga mengalami sakit tentu membutuhkan perawatan secepatnya. Dengan mempunyai asuransi perjalanan semuanya akan menjadi mudah diatasi. Seringkali asuransi perjalanan menjadi satu dengan tiket kendaraan yang dibeli. Namun, alangkah baiknya jika anda memiliki asuransi perjalanan sendiri sehingga lebih baik pengurusan pertanggungannya.

Supaya anda mendapatkan manfaat asuransi perjalanan secara maksimal tapi dengan biaya minimal, perhatikanlah panduan yang kami rangkumkan untuk anda di bawah ini :

5 Panduan Dalam Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

perjalanan 635x422 » 5 Panduan Dalam Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat
Panduan memilih asuransi perjalanan yang tepat (Ilustrasi/pixabay)

1. Pahami produk asuransi perjalanan

Setiap perusahaan asuransi mempunyai produk asuransi perjalanan yang berbeda. Sebelum anda memutuskan untuk membeli salah satu produk asuransi perjalanan bacalah dengan jelas prosedurnya, tata cara klaim, harga premi dan lain-lain. Baru setelah itu menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan serta budget keuangan anda. Apabila anda telah mendapatkan manfaat proteksi dari asuransi lain yang sebelumnya sudah anda beli, maka sebaiknya alihkan saja perlindungan asuransi perjalanan itu agar mendapatkan manfaat tambahan. Dengan begitu anda memperoleh manfaat yang maksimal tapi harga premi terjangkau. Produk tambahan itu contohnya, mendaki gunung, wisata, wisata alam liar, atau perjalanan ke tempat yang berbahaya atau wilayah konflik.

2. Membandingkan produk asuransi perjalanan dari beberapa perusahaan

Jangan asal pilih produk asuransi perjalanan, walau kelihatannya sepele tetapi mempunyai dampak penting bagi kenyamanan perjalanan anda. Jadi, pilihlah dengan tepat! Caranya adalah dengan membandingkan produk asuransi perjalanan dari beberapa perusahaan, berikut yang perlu anda bandingkan yaitu :

  • Harga serta fasilitas premi
  • Jangka waktu perlindungan yang diberikan
  • Wilayah pertanggungan

Misalnya bandingkan beberapa produk asuransi perjalanan di bawah ini :

  • Travel Safe produk dari ACA
  • Smart Traveller produk dari AXA
  • Zurich Passport produk dari asuransi zurich
  • Simas Travel produk dari Asuransi Sinar Mas

3. Belilah asuransi perjalanan di tempat yang tepat

Umumnya saat anda akan melakukan perjalanan ke luar negeri, agen perjalanan menawarkan produk asuransi perjalanan untuk memproteksi anda selama dalam perjalanan itu. Cara lainnya yaitu dengan cara membeli produk asuransi yang sistem pendaftarannya online atau juga bisa melalui agen asuransi. Pilihlah cara yang anda sukai, yang terpenting adalah anda terdaftar secara resmi di perusahaan asuransi tersebut.

Untuk sebagian besar masyarakat Indonesia biasanya memilih mendaftar dengan cara bertemu agen asuransi secara langsung, memang terasa lebih pasti dan aman. Bertemu dengan agen berarti anda dapat meminta penjelasan lebih detail tentang apa yang tidak dimengerti. Cara ini dinilai masyarakat Indonesia lebih meyakinkan daripada cara-cara lainnya.

4. Ketahuilah secara detail apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi perjalanan perhatikan apa saja yang nantinya akan ditanggung oleh pihak asuransi perjalanan, contohnya :

  • Waktu durasi, periksalah berapa durasi saat di luar negeri yang ditentukan oleh perusahaan asuransi,
  • Wilayah atau negara tujuan yang akan anda kunjungi,
  • Cari tahu aktivitas atau kegiatan apa saja yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi,
  • Jumlah nominal pertanggungan untuk setiap risiko yang terjadi dari perusahaan asuransi perjalanan.

Semua peraturan dan ketentuan yang perusahaan buat biasanya tertera di polis asuransi yang anda beli. Apabila ada yang tidak ditanggung oleh perusahaan tetapi anda ingin melakukannya, maka belilah polis tambahan untuk mendapatkan manfaat sesuai kebutuhan anda tersebut. Lebih baik memang sedia payung sebelum hujan datang.

5. Perhatikan tentang kondisi kesehatan

Adakalanya beberapa perusahaan asuransi tak menanggung mengenai kondisi kesehatan yang telah ada pada nasabah sebelumnya. Tanyakanlah kepada agen asuransi yang menaungi anda apakah perlindungan asuransi perjalanan ini juga mencakup pada kondisi kesehatan. Jika tidak, belilah produk tambahan atau beli produk asuransi lainnya yang proteksinya hingga masalah kesehatan juga. Jangan sampai anda lupa menanyakan ini, kalau anda tidak tahu lalu melakukan klaim karena kesehatan maka, pihak asuransi perjalanan akan menolak pengajuan klaim. Memang sangat dianjurkan bahwa pihak nasabah mengungkapkan semua kondisi kesehatan saat awal, untuk mencegah terjadinya penolakan klaim. Dengan begitu anda pun tidak merasa marah, kecewa dan malu karena hal tersebut.

Setelah anda memahami secara detail produk asudransi perjalanan sebelum membelinya, tentu anda mendapatkan perlindungan secara maksimal tapi harga premi sewajarnya. Sebagai konsumen anda harus cerdas, berhemat itu sangat penting pergunakan uang anda dengan sebaiknya. Walau banyak yang bilang asuransi merugikan, tetapi kenyataannya memberikan banyak manfaat bagi nasabahnya.

Layaknya membeli buah-buahan di pasar, anda harus jeli memilih produk serta penjual yang baik dan jujur. Jangan membeli asuransi karena kasihan terhadap agennya yang merupakan teman akrab anda di bangku sekolah, belum tentu produk yang dia tawarkan mempunyai manfaat sesuai kebutuhan anda. Sebaiknya cari informasi perusahaan asuransi secara detail melalui web resminya, brosur yang disebarkan, pengalaman beberapa orang yang mengikutinya, dan perhatikan juga berapa lama perusahaan tersebut sanggup bertahan. Jadi, anda tidak merasa dirugikan di masa depan nanti.

Demikianlah 5 Panduan Dalam Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat, semoga bermanfaat.