5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Anda dan Keluarga

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Anda dan Keluarga – Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang terbanyak dicari di kalangan masyarakat. Bayangkan saja saat ini tersebar begitu banyak virus yang menyebabkan berbagai penyakit. Siapa yang tidak khawatir dengan hal ini, setiap orang pasti memikirkan tindakan apa yang harus dilakukan ketika sakit. Apalagi mencari uang untuk biaya pengobatan hingga sembuh.

Tentu mereka membutuhkan jaminan asuransi kesehatan, agar pada saat sakit semua pengurusannya terarah dengan baik. Tapi bagaimanakah cara mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dan tahap pengurusannya tidak banyak hal yang dihadapi. Jangan terlalu percaya pada teman maupun agen asuransi dalam memilih asuransi kesehatan terbaik bagi anda dan keluarga. Saran atau pendapat mereka belum tentu benar serta nyaman bagi anda yang menjalaninya.

Asuransi bukanlah produk yang mudah didapatkan, melainkan suatu produk dengan fitur dan ketentuan yang rumit, sehingga diperlukan pengertian secara menyeluruh dalam menunjuk asuransi kesehatan. Asuransi yang akan anda pilih ini untuk anda dan keluarga, jadi biarkan anda yang memilih sendiri asuransi kesehatan yang mempunyai fitur serta ketentuan berdasarkan kenyamanan anda sekeluarga.

Agar mampu memilih asuransi kesehatan yang tepat anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Anda dan Keluarga

Tips memilih asuransi kesehatan terbaik bagi keluarga » 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Anda dan Keluarga
Tips memilih asuransi kesehatan terbaik bagi keluarga (Ilustrasi)

Pastikan asuransi kesehatan menggunakan sistem cashless

Cashless adalah cara penggantian klaim dengan memakai sebuah kartu khusus dari pihak asuransi kesehatan. Peserta hanya memberikan kartu cashless saja kepada pihak rumah sakit untuk pembayaran biaya selama sakit. Sehingga, peserta tidak memakai uangnya dulu untuk menalangi tagihan rumah sakit saat mengalami rawat inap yang biasa disebut sistem reimbursement.

Lebih enak jika asuransi kesehatan mempunyai sistem seperti itu, anda tak perlu kesana-kemari mengajukan penggantian terhadap pihak asuransi. Memang sistem reimbursement rumit dan peserta wajib mengetahui secara benar proses pengajuan penggantian dana tagihan rumah sakit. Kalau belum paham mungkin rugi sendiri, umumnya juga membutuhkan waktu cukup lama.

Carilah asuransi yang diterima oleh seluruh rumah sakit

Anda harus memilih asuransi yang diterima oleh seluruh rumah sakit, baik rumah sakit kecil maupun besar di dalam dan luar negeri. Anda bisa mengetahuinya melalui brosur atau website resmi bahwa asuransi kesehatan tersebut bekerja sama dengan rumah sakit apa saja. Baca dengan seksama, jika memang mencakup seluruh dalam negeri dan luar negeri bisa dijadikan pilihan asuransi kesehatannya.

Selain itu juga, sistem cashless hanya mampu dipakai pada rumah sakit yang bekerjasama dengan pihak asuransi. Perlu anda ketahui sistem cashless ini wajib dilaksanakan pihak rumah sakit yang bekerjasama, dalam rangka memberikan pelayanan optimal terhadap peserta asuransi kesehatan.

Pilih asuransi kesehatan yang mencakup seluruh anggota keluarga

Begini Maksud dari asuransi kesehatan keluarga, misalnya satu keluarga terdiri dari 4 orang, kemudian mengajukan asuransi kesehatan maka, hanya dibutuhkan satu polis asuransi kesehatan saja yaitu asuransi kesehatan keluarga. Keunggulan sistem ini adalah preminya lebih murah daripada setiap anggota keluarga mempunyai polis asuransi sendiri-sendiri. Membuat anda tak ribet mengurus satu persatu polis asuransi untuk seluruh anggota keluarga anda.

Menurut faktanya asuransi kesehatan satu keluarga yang terdiri dari 4 anggota. Mereka mengajukan asuransi kesehatan dengan kelas kamar sebesar 500 ribu. Jika perhitungan menurut asuransi kesehatan keluarga jumlah total premi mencapai 20 juta per tahun. Sedangkan jika membeli polis masing-masing, jumlah premi 4 anggota keluarga sebanyak 48 juta pertahunnya. Tentu lebih hemat yang langsung satu keluarga.

Cara penggantian klaim asuransi kesehatan

Secara umum dalam bidang asuransi terdapat dua macam penggantian klaim asuransi, yaitu :

  1. Penggantian berdasarkan besarnya tagihan biaya perawatan selama di rumah sakit.
    Asuransi kesehatan akan menetapkan plafond secara terpisah bagi biaya dokter, biaya spesialis, biaya kamar, biaya obat, biaya laborat, biaya operasi, dan masih banyak lagi. Menggunakan alur seperti ini peserta asuransi dipastikan tidak mengalami overplafond atau diganti lebih kecil dari jumlah tagihan, sehingga mungkin saja menombok dari uang pribadi.
  2. Cash plan (santunan harian rawat inap), tagihan tanpa melihat banyaknya tagihan biaya dari rumah sakit. Namun, saat sakit total penggantian dari pihak asuransi besarnya tetap, sebanyak santunan harian dikalikan berapa jumlah hari di rawat. Hal ini menyebabkan anda menombok uang pribadi bila jumlah tagihan rumah sakitnya besar melebih besarnya santunan.

Kedua penggantian klaim di atas memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Kalau menggunakan jenis yang kedua umumnya premi lebih murah daripada jenis yang pertama. Yang terpenting adalah anda paham jelas saat memutuskan memilih asuransi kesehatan keluarga. Bagaimana jenis penggantian klaimnya serta tata cara mengajukan klaim secara benar.

Syarat-syarat ketika rawat inap

Sebelum menunjuk asuransi kesehatan keluarga, anda perlu memperhatikan persyaratan rawat inap yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi. Kalau perlu bertanyalah kepada agen secara detail supaya anda jadi mengerti dan bisa menjalankannya. Peserta asuransi kebanyakan berpikir bahwa setiap menjalani rawat inap maka, pihak asuransi kesehatan pasti menggantinya. Padahal syarat rawat inap setiap perusahaan asuran berbeda. Nah, yang perlu anda tanyakan adalah sebagai berikut :

  • Apakah rawat inap itu harus berada di rumah sakit saja atau di klinik pihak asuransi kesehatan mau menggantinya juga? Tanyakan juga maksud dari rumah sakit.
  • Berapa lamakah waktu rawat inap supaya anda bisa mengklaim kepada pihak asuransi kesehatan? Dalam hal ini ada pihak asuransi yang menetapkan beberapa jam sudah bisa, ada juga yang sehari ataupun 2 hari tergantung perusahaan asuransinya.

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang cukup rumit sebab, begitu banyak ketentuan dan disclaimernya. Sangat disayangkan peserta asuransi kebanyakan malas membaca polis serta memahami dengan jelas produk asuransi kesehatan pilihannya. Akibatnya para peserta asuransi sering kurang optimal dalam menentukan perusahaan asuransi seperti, manfaatnya asuransi kecil, preminya mahal dan lainnya.

Demikianlah 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Anda dan Keluarga, semoga bermanfaat.