5 Tips Tepat Dalam Memilih Bengkel Klaim Asuransi Mobil

5 Tips Tepat Dalam Memilih Bengkel Klaim Asuransi Mobil – Memang untuk menjaga kebaikan perusahaan dan tak kalah bersaing dengan perusahaan lainnya, banyak perusahaan asuransi selalu memperbaiki pelayanannya terhadap pelanggan. Terutama untuk produk asuransi mobil karena biasanya mampu menjadi tiang utama supaya peruasahaan asuransi tetap eksis di mata masyarakat. Salah satu layanan andalan mereka adalah merekomendasikan bengkel yang tepat kepada nasabah ketika klaim nantinya. Sebab, kemudahan serta kenyamanan nasabah dalam melakukan klaim merupakan hal utama yang bisa berpengaruh pada kredibilitas perusahaan asuransi mobil.

Selain perlu kehati-hatian dalam memilih perusahaan asuransi kendaraan yang terbaik untuk mobil, anda juga harus memperhatikan kriteria bengkel yang nantinya untuk klaim asuransi mobil. Karena mobil adalah alat transportasi yang anda perlukan setiap hari, jadi perbaikan dan perawatannya mesti dilakukan dengan baik dan ditangani oleh pihak profesional. Untuk itulah, pilihlah dari beberapa tawaran bengkel mobil dari perusahaan asuransi yang menurutmu mempunyai kualitas terbaik.

Apabila anda masih bingung tentang bagaimana kriteria bengkel yang tepat untuk mobil anda, ikuti saja cara kami di bawah ini :

5 Tips Tepat Dalam Memilih Bengkel Klaim Asuransi Mobil

Memilih bengkel klaim asuransi mobil1 635x437 » 5 Tips Tepat Dalam Memilih Bengkel Klaim Asuransi Mobil
Memilih bengkel klaim asuransi mobil (Ilustrasi/wikipedia)
  1. Bengkel yang telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi anda

Supaya mempermudah anda dalam melakukan klaim, pilihlah bengkel yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi yang menangani anda. Biasanya, bengkel tersebut mempunyai kualitas tinggi dalam memperbaiki mobil, pastinya perusahaan asuransi sudah melakukan survey terlebih dahulu sebelum memilih bengkel tersebut menjadi rekannya. Selain itu, dari proses pengerjaannya hingga besarnya ongkos perbaikan mobil sudah baku.

Pastikan anda memilih bengkel dari tawaran perusahaan asuransi yang anda naungi saja, tak usahlah repot memilih bengkel yang mungkin sebelumnya pernah anda kunjungi. Ikuti saja prosedur perusahaan asuransi anda, tentunya mereka mengupayakan yang terbaik bagi nasabah dan ini juga bagian dari pelayanan mereka. Jadi, tidak mungkin bengkel tersebut mengecewakan nasabah.

2. Mempunyai layanan antar-jemput

Sekarang ini, perusahaan asuransi mobil mungkin sudah banyak yang memiliki layanan antar jemput untuk mobil yang mengajukan klaim. Tujuannya adalah supaya nasabah tidak susah payah membawa mobil yang rusak untuk diperbaiki ke bengkel. Begitu juga dalam memilih bengkel, tunjuklah yang menyediakan layanan antar jemput kendaraan. Sehingga ketika mobil sudah selesai diperbaiki anda tidak perlu naik kendaraan umum atau numpang teman untuk ke bengkel, tetapi pihak bengkellah yang akan mengantarkan mobil anda ke rumah.
Umumnya, pihak bengkel meminta SPK atau Surat Perintah Kerja dulu kepada perusahaan asuransi. Surat itu yang menandakan mobil anda sudah telah dalam proses klarifikasi masalah perbaikan yang dilakukan dan ditangani oleh bengkel. Proses pengerjaan serta pengeluaran SPK akan segera dilakukan setelah berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan perusahaan asuransi terpenuhi.

3. Mudah dijangkau dari rumah maupun tempat kerja anda

Walaupun ada layanan jasa layanan antar jemput kendaraan baik dari pihak asuransi maupun bengkel, tetap pilihlah bengkel yang tempatnya mudah dijangkau dari rumah atau kantor anda. Tujuannya supaya ketika anda ingin memantau proses perbaikan mobil, tidak sulit melakukan perjalanan ke sana. Sebagai konsumen, pasti ada rasa was-was atas pengerjaan mobil kesayangan yang mungkin saja bisa membuat anda salah paham dengan pihak bengkel.

Dengan memantau proses perbaikan mobil secara langsung, tentu membuat diri anda merasa puas dan tahu bagian mana mobil yang rusak. Selain itu, anda dapat berkonsultasi kepada teknisi mobil jika terjadi sedikit masalah pada mobil anda. Perasaan terasa nyaman serta pengetahuan pun bertambah.

4. Perhatikan cara kerja

Sebagai konsumen anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja pihak bengkel terhadap mobil anda. Perhatikan cara mereka menangani mobil anda satu-persatu jika sempat. Pastikan yang diganti, memang rusak sudah tidak bisa terpakai lagi. Tujuan dari memperhatikan cara kerja pihak bengkel adalah agar terhindar dari kecurangan pihak bengkel, serta mengetahui seberapa tinggi kualitas bengkel rekan perusahaan asuransi anda ini. Jadi, anda tak merasa kecewa atas hasilnya setelah selesai perbaikan mobil anda.

Hindari hanya berunek-unek saja, tetapi tinjaulah secara langsung supaya diri anda senang akan hasilnya. Kalau anda tidak berbicara atau melihat langsung proses perbaikannya, takkan tahu bila terjadi kecurangan pihak bengkel. Bila anda kurang punya waktu untuk mengawasi cara kerja bengkel, limpahkan tugas tersebut kepada orang terdekat yang tahu juga tentang mesin mobil.

5. Pilih sesuai keinginan sendiri

Tips terakhir dalam memilih bengkel yaitu pilihlah bengkel sendiri yang terpercaya. Selain ada perusahaan asuransi yang membantu memberikan beberapa pilihan bengkel terbaik bagi nasabahnya, ada beberapa perusahaan asuransi mobil yang malah menyerahkan sepenuhnya kewenangan memilih bengkel kepada nasabahnya. Anda diberikan hak memilih bengkel mana yang menurut anda cocok untuk anda, kualitas bagus, dan terpercaya, mesikpun bengkel tersebut tidak bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang anda naungi.
Perusahaan asuransi beranggapan bahwa hal ini merupakan kepentingan nasabah sehingga harus merasakan kenyamanan juga. Yang terpenting adalah nasabah telah ter-cover saat itu juga dengan bengkel yang terpercaya dan berkualitas tinggi. Jadi, kesulitan konsumen cepat teratasi. Tetapi jika anda memilih bengkel mobil yang bukan rekanan perusahaan asuransi yang anda naungi, akan terjadi perbedaan soal biaya premi. Sebab, adanya perbedaan antara standar biaya perbaikan di bengkel rekan dan yang bukan rekanan perusahaan asuransi. Anda perlu tahu mengenai hal itu!

Ke-5 Tips Tepat Dalam Memilih Bengkel Klaim Asuransi Mobil di atas sudah layakkan anda jadikan petunjuk untuk memilih bengkel yang tepat saat klaim asuransi. Dengan begitu anda tidak salah pilih dalam perbaikan mobil kesayangan anda. Semoga coretan kami ini bermanfaat bagi anda yang memang mengalami kesulitan memilih bengkel klaim asuransi.