6 Cara Cermat Saat Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

6 Cara Cermat Saat Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat – Seiring berjalannya waktu, biaya hidup semakin tinggi, perlu selalu memutar otak untuk mendapatkan sesuap nasi. Mulai hari ini kita harus menyadari betapa pentingnya asuransi bagi perlindungan diri beserta keluarga. Dengan bertambahnya kesadaran masyarakat tersebut dan begitu maraknya perusahaan asuransi jiwa saat ini, memerlukan pertimbangan khusus dalam memilih asuransi jiwa untuk diri sendiri.

Namun, dari sekian banyaknya perusahaan asuransi membuat kita bingung mana yang tepat dan memberikan perlindungan secara maksimal. Perhatikan juga keramah-tamahan para agen asuransi dalam melayani nasabah, pilih yang sabar serta mau membantu meringankan beban nasabahnya. Sebab, kebaikan agen asuransi juga diperlukan ketika anda memerlukan jawaban atas pertanyaan tentang asuransi dan klaim.
Selain itu, ada beberapa lagi pertimbangan khusus yang harus anda ingat ketika memilih perusahan asuransi jiwa yang tepat. Berikut ini 6 cara cermat Saat memilih asuransi yang tepat, yaitu :

6 Cara Cermat Saat Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

Cara cermat memilih asuransi jiwa 635x352 » 6 Cara Cermat Saat Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat
Cara cermat memilih asuransi jiwa (Ilustrasi/Foto: Liputan6.com)
  1. Pilih berdasarkan kebutuhan anda

Sebelum membeli barang, pasti anda berusaha mengenal, memeriksa dan mengetahui secara jelas produk tersebut. Begitu juga dengan memilih perusahaan asuransi, anda harus mengerti dengan jelas produk yang anda pilih. Sudah tepatkah untuk anda? sebab, biasanya satu perusahaan asuransi menawarkan lebih dari satu produk kepada nasabahnya. Makanya, anda harus jeli dalam memilih produk asuransi mana yang sesuai dengan kemampuan, kebutuhan maupun tujuan keuangan anda.

Sebagai contoh asuransi yang anda ambil adalah untuk jaminan masa tua ataupun menjamin kalau mengalami penyakit kritis. Kemudian, anda pelajari serta bandingkan dari produk asuransi yang satu dengan lainnya, pilih produk mana yang mampu memberikan penjaminan masa tua atau jika mungkin terkena penyakit kritis. Pahami benar peraturan dan ketentuan produk asuransi yang anda pilih berdasarkan kebutuhan anda itu.

2. Harus sesuai dengan anggaran anda

Agar pembayaran premi tidak mengganggu anda dalam memenuhi kebutuhan hidup, maupun tabungan yang telah anda lakukan tiap bulannya, pilihlah asuransi sesuai kelebihan penghasilan anda. Hal ini bisa diakali dengan memilih asuransi jiwa murni karena besarnya premi lebih rendah daripada asuransi plus investasi. Apabila anda memang ingin memiliki asuransi jiwa yang lengkap manfaatnya tetapi dengan anggaran terbatas.

Menurut teori pengelolaan keuangan, idealnya menganggarkan penghasilan sebesar 10% hingga 20% untuk program asuransi. Sehingga anda tidak bingung mencari tambahan biaya untuk kebutuhan hidup perbulannya. Jangan sampai anda tidak mempedulikan kebutuhan pokok karena ingin menginvestasikan uang anda di masa depan nanti. Asuransi memang penting, tetapi keperluan sehari-hari lebih penting lagi.

3. Perhatikan kredibilitas perusahaan asuransi

Untuk memilih asuransi tidak boleh sembarangan, perhatikan juga kredibilitas perusahaan asuransi yang akan anda pilih. Sebab, asuransi itu perjanjian dalam jangka panjang. Oleh karenanya pilih perusahaan asuransi yang tidak mempunyai masalah apapun ketika menjalankan bisnisnya, baik pada pengelolaan keuangannya, proses pencairan klaim, dan lainnya.

Sebelum menunjuk perusahaan asuransi tertentu cari tahu mengenai perkembangan dan kinerja perusahaan tersebut. Baikkah selama ini atau bermasalah? Selain itu, pilih perusahaan yang mampu bertahan hingga ratusan tahun agar anda senantiasa merasa aman. Lihat RBC atau Risk Based Capital perusahaan asuransi tersebut, apakah sudah berdasarkan ketentuan pemerintah minimal 120%. Anda bisa memonitor perusahaan asuransi melalui internet, surat kabar, maupun dari nasabah asuransi itu.

4. Pastikan pelayanan pihak asuransi memnuhi standal pelayanan prima terhadap pelanggan

Karena anda tidak tahu kapan mendapatkan musibah, entah itu di pagi hari, siang hari, bahkan malam hari, mengharuskan anda memilih pihak asuransi dengan pelayanan 24 jam. Sehingga kapanpun anda memerlukan bantuan atau penjelasan tentang produk asuransi, tetap terpenuhi dengan baik. Lalu perhatikan prosedur klaim beserta persyaratan lengkap hingga perlu waktu berapa lama dalam mencairkan klaim.

Ketahui secara gamblang alurnya pencairan klaim, apakah perusahaan membayarkan klaim langsung kepada rumah sakit atau nasabah menanggung biaya terlebih dahulu baru mengajukan klaim. Hindari asal percaya terhadap perusahaan asuransi, dan masa bodoh dengan prosesnya. Malah membuat anda keteteran sendiri ketika mengajukan klaim.

5. Daftarkan diri anda selagi sehat

Pada dasarnya setiap perusahaan asuransi menerapkan kriteria berbeda mengenai kondisi kesehatan calon nasabahnya. Bahkan ada perusahaan asuransi yang langsung menolak pengajuan pendaftaran sebagai nasabah asuransi karena calon pesertanya tidak memenuhi persyaratan yang perusahaan terapkan. Oleh sebab itu, ajukan asuransi saat anda sehat yang tentunya mempengaruhi pada premi yang harus dibayarkan. Apabila anda dalam kondisi sehat, pihak asuransi akan meminimalkan pembayaran premi dari pada anda membeli premi kala sudah mempunyai penyakit kronis.

6. Pertimbangkan sekali lagi

Memilih asuransi memang tidak mudah, karena ini berurusan dengan nasib anda di masa depan. Pertimbangan secara cermat patut di lakukan, jangan pernah malu bertanya dengan lengkap semua hal yang belum anda mengerti. Kemudian setelah mengerti, pertimbangkan apa saja kelebihan dan kekurangan asuransi yang akan anda pilih. Jangan membeli kucing dalam karung yang membuat anda menyesal nantinya.

Jadilah nasabah cerdas asuransi, supaya tidak ada kejadian penipuan lagi. Hati-hati perlu dilakukan karena anda berpikir uang hasil keringat anda sebagai tabungan di masa depan. Bukannya makanan lezat para oknum tak jelas yang berdalih untuk asuransi. Waspada dengan penawaran agen yang datang ke rumah secara langsung, perhatikan identitasnya serta kelengkapan administrasinya. Upayakan untuk tidak cepat percaya padanya.

Lebih baik jika anda benar-benar ingin mengikuti asuransi datang langsung ke kantornya atau kunjungi websitenya, sehingga dikirimkan agen asuransi yang jelas dari perusahaan tersebut. Langkah itu dirasa aman, dibandingkan percaya saja akan tawaran agen asuransi yang datang dari rumah ke rumah. Pastikan uang anda aman dan anda terjamin di masa tua nantinya.

Demikianlah 6 Cara Cermat Saat Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat, semoga bermanfaat.