Agen Bukan Hanya Penjual Asuransi

Agen Bukan Hanya Penjual AsuransiBagaimana tips memilih agen asuransi yang tepat?

Pertama, tanyakan ke agen apakah ia punya lisensi sebagai agen asuransi. Berdasarkan aturan dari pihak berwenang di industri asuransi, baik Asuransi Jiwa maupun Asuransi Umum, agen diwajibkan memiliki lisensi.

Selanjutnya, ketika bertemu dengan klien, agen harus menjelaskan sejelas-jelasnya produk asuransi yang direferensikan sesuai kebutuhan nasabah. Biasanya untuk memahami kebutuhan nasabah, sebelumnya diperlukan sesi tanya jawab yang intens antara kedua belah pihak. Agen harus menjelaskan manfaat dari produk asuransi serta hak dan kewajiban Perusahaan dan nasabah secara rinci dan apa adanya. Jika ada pengecualian tertentu dalam jaminan polis asuransi tersebut maka harus dijelaskan dan tidak diperkenankan untuk ditutup-tutupi.

Selain sebagai tenaga penjual, sampai mana batas pelayanan yang dapat diberikan oleh agen?

Agen harus memberikan pelayanan terkait kepemilikan polis kepada nasabah sejak awal ia bergabung sampai selama polis yang dimilikinya masih aktif. Sebab nasabah yang membeli polis melalui agen berarti ia telah memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada agen. Seorang agen yang profesional menyadari bahwa usia polis cenderung sepanjang hidup nasabah, dengan begitu ia siap untuk menjadi bagian dari hidup nasabahnya, terutama yang berkaitan dengan polis. Sepanjang nasabah memiliki polis tersebut, dipastikan ada kalanya ia akan mengajukan klaim atau ingin mengembangkan jaminan polis asuransinya.

agen bukan hanya menjual asuransi » Agen Bukan Hanya Penjual Asuransi
Agen Bukan Hanya Penjual Asuransi (Ilustrasi)

Seorang Agen juga harus selalu memonitor kondisi polis maupun kondisi kehidupan nasabahnya, karena dengan begitu Agen dapat memberikan saran dan merekomendasikan penyesuaian pada polis mereka sesuai dengan kebutuhan.

Jika agen tidak bekerja lagi di Perusahaan Asuransi tersebut, apa yang sebaiknya dilakukan nasabah?

Tak perlu khawatir, setiap perusahaan asuransi, menerapkan prosedur Orphan Policy, yang berarti ketika agen sudah tidak bergabung lagi dengan Perusahaan asuransi tersebut, kami akan mendelegasikan pemimpin (leader) dari agen tersebut ataupun menunjuk agen yang baru untuk melayani nasabah yang ditinggalkan oleh agennya. Selain itu, customer service juga siap membantu nasabah yang ditinggalkan oleh agennya. Jadi tak perlu khawatir, Perusahaan asuransi akan terus memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya.

Jika calon nasabah tidak nyaman dengan seorang agen, apakah bisa meminta pergantian agen?

Agen memang bermacam-macam, tergantung pengalaman, karakter dan juga preferensi masing-masing. Untuk seorang agen yang baru memulai kariernya, ia seringkali akan didampingi oleh pemimpinnya (leader) agar pada saat yang bersamaan ia bisa menambah jam terbang, namun pemimpinnya bisa memastikan bahwa informasi yang diberikan kepada calon nasabah sudah tepat.

Jika pada satu waktu, calon nasabah atau nasabah merasa kurang nyaman dengan agen tertentu, maka ia bisa berkonsultasi dengan leader dari agen tersebut. Atau, nasabah dapat menghubungi atau bertanya kepada petugas customer service.

Demikianlah artikel mengenai Agen Bukan Hanya Penjual Asuransi, semoga bermanfaat.