Asuransi Ataukah Investasi yang Harus Didahulukan?

Mana yang harus didahulukan? Asuransi Ataukah Investasi? Sebagai seorang yang setiap harinya selalu bekerja keras, tentu mempunyai rencana besar di masa depan. Tetapi terkadang anda bingung menempatkan uang di mana, dalam bentuk apa, dan mana yang lebih tepat untuk masa depan? Anda sulit sekali menentukan pilihan tersebut, anda ingin berinvestasi tetapi proteksi juga penting untuk kehidupan. Apalagi di jaman sekarang muncul penyakit aneh, susah disembuhkan atau biaya kebutuhan sehari-hari dan pendidikan anak semakin mahal. Maka, anda harus memilih produk keuangan yang benar-benar menjamin kehidupan di masa yang akan datang.

Kebanyakan masyarakat menempatkan keuangannya pada produk investasi atau asuransi. Mungkin juga hal ini membuat anda tertarik dalam menyimpan dan mengembangkan sebagian pendapatan anda. Asuransi berfungsi untuk memberikan perlindungan bagi anda dan keluarga dalam risiko secara finansial akibat peristiwa yang tak terduga. Sementara investasi suatu langkah menaikkan nilai mata uang anda di masa depan, sekaligus cara menghindar dari inflasi yang terjadi. Sebenarnya kedua produk keuangan tersebut sangatlah penting bagi seseorang.

Namun, antara asuransi atau investasi mana yang harus didahulukan?

asuransi vs investasi 635x423 » Asuransi Ataukah Investasi yang Harus Didahulukan?
pilih mana asuransi atau investasi (Ilustrasi/pixabay)

Walau asuransi dan investasi sama pentingnya, tetapi kalau mempunyai dana terbatas bagaimana? Mana yang harus anda dahulukan pilih asuransi ataukah investasi terlebih dahulu? Butuh pemikiran yang matang ketika memilih keduanya? Mana yang sesuai dengan kebutuhan anda dan bermanfaat nantinya.

Ternyata auransi dan invetasi tidaklah sama, banyak perbedaan dari keduanya

Anggapan bahwa asuransi dan investasi mempunyai banyak kesamaan untuk menunjang hidup masa depan, yang perlu anda lakukan hanya dengan memilih salah satu dari keduanya. Ternyata anggapan tersebut adalah salah, asuransi bukanlah produk untuk melipatgandakan uang, berbeda dengan investasi yang bisa meningkatkan nilai keuangan anda setelah waktu yang tertentu. Asuransi juga tidak mempunyai konsep pengembangan uang seperti halnya investasi. Asuransi lebih berfokus pada antisipasi atas munculnya risiko di luar dugaan. Sedangkan investasi tujuan utamanya memang meningkatkan uang yang awalnya bernilai rendah lalu setelah diolah nilainya menjadi lebih besar, bukan sebagai perlindungan.

Apabila anda sudah menjadi nasabah asuransi, setelah terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, anda akan mendapatkan sejumlah uang pertanggungan untuk mengganti kerugian atas peristiwa tersebut. Uang pertanggungan merupakan hasil dari pembayaran premi asuransi yang selama ini rutin anda bayarkan. Dan pada umumnya uang pertanggungan yang didapat lebih besar daripada total pembayaran premi selama ini. Asuransi sendiri mempunyai produk yang berbeda-beda, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi rumah, asuransi kebakaran dan asuransi syariah.

Cara memilih asuransi atau investasi apabila kondisi keuangan sedang sangat minim

Apabila anda hanya mempunyai uang yang mampu untuk menjadi nasabah di salah satu produk keuangan asuransi atau investasi sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Perhatikan kondisi tubuh anda selama ini, lemah atau lebih tahan terhadap risiko terkena serangan penyakit.
  • Tempat bekerja, apakah sudah menyediakan asuransi untuk para karyawannya atau belum.
  • Kondisi dan situasi aktivitas anda, rawan atau tidak atas risiko buruk yang dapat menimpa diri anda.

Apabila bekerja di perusahaan yang memberikan manfaat asuransi

Dalam memilih asuransi atau investasi, anda dihadapkan pada masalah kondisi keuangan, sehingga wajib memilih satu diantaranya. Bagi anda yang bekerja di perusahaan besar tentu asuransi sudah anda dapatkan, maka pilihlah untuk berinvestasi. Nanti setelah mempunyai hasil dari investasi segeralah mendaftarkan diri ke perusahaan asuransi untuk mendapatkan manfaat proteksinya. Karena belum tentu juga anda selamanya bertahan di perusahaan tersebut. Sehingga sebelum anda keluar dari perusahaan itu secepatnya mendaftarkan diri serta memilih produk asuransi yang anda butuhkan. Karena jika sudah muncul kepenatan dalam bekerja atau muncul ide berwira usaha sendiri, pasti anda ingin melepaskan diri dari perusahaan tersebut.

Bagi yang bekerja secara perseorangan atau karyawan di perusahaan yang belum memberikan manfaat asuransi

Jika dalam keadaan seperti ini dan mempunyai dana sangat terbatas, lebih baik memprioritaskan asuransi daripada investasi. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari anda rentan terhadap risiko buruk yang dapat menimpa anda. Untuk itu, sebaiknya pilih asuransi terlebih dahulu baru setelah mendapatkan uang lagi mulailah berinvestasi. Asuransi akan melindungi diri anda beserta keluarga dari risiko kecelakaan, penyakit, dan sebagainya yang bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diperkirakan sebelumnya. Asuransi dirasa lebih penting untuk anda yang bekerja perseorangan dan yang belum mendapatkan manfaat asuransi dari perusahaannya. Dahulukan perlindungan agar anda mampu bekerja dengan baik, dan ketika terjadi peristiwa tak terduga anda tidak rugi secara finansial.

Berinvestasi dapat dimulai hanya dengan 100 ribu saja

Bagi anda yang cenderung mementingkan asuransi, bisa memilih produk investasi reksadana yang nilainya 100 ribu. Dengan begitu tak terlalu mengganggu proses pembayaran premi setiap bulannya, serta jadikanlah sebagai tahap pembelajaran dalam berinvestasi. Walau nilainya kecil tetapi manfaatnya sudah bisa anda rasakan nantinya. Ini bisa jadi solusi tepat bagi anda yang lebih memprioritaskan asuransi bila dibandingkan dengan investasi.

Perlu anda ketahui sebaiknya berasuransi selagi sehat. Sebab kebanyakan perusahaan asuransi melakukan check kesehatan, lalu jika anda terbukti telah mempunyai penyakit kronis sebelumnya, perusahaan berhak menolak pengajuan anda sebagai nasabah asuransinya. Atau perusahan menerima anda sebagai nasabahnya, tetapi tidak bertanggung jawab atas penyakit yang sebelumnya telah anda derita. Dan mempunyai bukti hasil check kesehatan juga penting, untuk menghindari apabila perusahaan asuransi berniat mencurangi anda.

Kondisi keuangan memang selalu mempengaruhi kehidupan kita. Apalagi kita hidup di jaman global kemajuan teknologi membuat kita selalu untuk melakukan pembaharuan barang-barang. Hal itu tentu suatu keborosan dan perlu dihindari. Dengan berasuransi dan berinvestasi berarti anda telah menyelamatkan penghasilan anda dari inflasi serta keborosan. Mungkin saat ini anda hidup sederhana tetapi nantinya juga akan hidup sesuai yang anda inginkan.

Demikianlah Asuransi Ataukah Investasi yang Harus Didahulukan? Semoga bermanfaat.