Asuransi Kecelakaan Diri : Kebutuhan ataukah Pilihan?

Asuransi Kecelakaan Diri : Kebutuhan ataukah Pilihan? Proteksi berupa asuransi sangat berguna bagi penunjang kehidupan di masa tua. Memang hasilnya tidak langsung terlihat, namun memiliki asuransi bermanfaat di saat Anda sedang sakit, mengalami kecelakaan dan jaminan di masa tua. Kali ini, kita akan membahas mengenai asuransi kecelakaan diri. Asuransi ini juga memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang, karena kita tidak akan pernah tahu kapan akan tertimpa musibah.

Apakah pengertian asuransi kecelakaan diri?

Asuransi kecelakaan diri memberi perlindungan apabila Anda mengalami kecelakaan atau musibah yang tak terduga. Polis asuransi tahunan jenis ini memberi Anda perlindungan menyeluruh terhadap musibah yang tak terduga di masa depan. Setiap asuransi kecelakaan diri melindungi jenis kecelakaan yang berbeda-beda. Sebelum mengajukan asuransi kecelakaan diri, Anda harus jeli membaca setiap ketentuan polis. Tidak semua kecelakaan diri dapat ditanggung oleh asuransi. Polis dapat mengabaikan perlindungan untuk kasus bunuh diri, kematian saat persalinan, dan jenis kecelakaan lain. Begitu pula jumlah pertanggungan yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada polis yang Anda beli.

Apakah asuransi kecelakaan diri penting?

Setiap manusia tidak ada yang mau mengalami kecelakaan. Untuk itu, banyak yang menghiraukan asuransi kecelakaan diri. Mereka berpikir dengan waspada serta menjaga diri dalam setiap kondisi dan suasana sudah cukup aman. Sejujurnya, sebagian dari kita membutuhkannya dan sebagian lagi cukup beruntung untuk tidak memerlukannya. Namun lantas bagaimana Anda bisa mengetahui waktu yang tepat untuk mengajukan asuransi kecelakaan diri? Intinya, kecelakaan datang tanpa mengetuk pintu dan terjadi begitu saja.

asuransi kecelakaan diri » Asuransi Kecelakaan Diri : Kebutuhan ataukah Pilihan?
Asuransi Kecelakaan Diri : Kebutuhan ataukah Pilihan? (Ilustrasi)

Mengapa Anda memerlukan asuransi kecelakaan diri?

Ada beberapa alasan, mengapa Anda memerlukan asuransi kecelakaan diri ;

1. Tabungan tidak memadai untuk keperluan darurat
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa kecelakaan itu datang seperti pencuri. Tiba-tiba dan tanpa permisi. Di saat Anda terkena musibah dan uang di tabungan tidak memadai pasti akan sangat merepotkan. Anda pun harus berjuang mencari pinjaman dan bantuan dana untuk melunasi biaya pengobatan akibat kecelakaan yang melanda.

Pertanyaannya, apakah Anda mampu membayar biaya medis yang dapat mencapai puluhan juta rupiah atau lebih dengan mengandalkan tabungan? Sudah cukup sulit bagi Anda untuk mengalami kecelakaan dan masih harus memikirkan cara untuk membayar biaya rumah sakit dan biaya-biaya lain yang mengikuti. Di sinilah peran polis asuransi kecelakaan diri dibutuhkan. Polis tersebut dapat membantu Anda dan keluarga mendorong melewati kesulitan keuangan yang mungkin akan dihadapi.

2. Kecelakaan yang datang tiba-tiba
Ya, datangnya kecelakaan memang tidak dapat diprediksi. Bahkan kecelakaan bisa terjadi di mana saja termasuk di dalam rumah. Jadi, selain waspada dan berjaga-jaga, Anda harus menyiapkan asuransi kecelakaan diri. Bagi Anda yang setiap hari harus menjalankan aktivitas sehari-hari dengan pulang-pergi ke kantor tentu harus berhati-hati karena statistik kecelakaan di jalanan selalu meningkat setiap tahun. Sama halnya dengan musibah di rumah, kasus perampokan, pencurian hingga kebakaran menghiasi berita-berita di media cetak dan elektronik. Memang tidak ada tempat yang aman, namun kita tidak perlu menjalani hidup dalam rasa takut pula. Memiliki polis asuransi kecelakaan diri memberi Anda ketenangan karena dapat mengambil sedikit kendali atas hal-hal di luar kendali Anda.

3. Asuransi pekerjaan tidak cukup
Beberapa pekerjaan mengharuskan Anda untuk bekerja dengan risiko tinggi. Misalnya, bekerja di pabrik, bekerja di udara (pilot), dan masih banyak lagi. Pekerjaan yang berisiko secara fisik membuat Anda selalu waspada setiap hendak berangkat kerja. Meskipun perusahaan Anda sudah memberikan asuransi pekerjaan tetapi jumlahnya terbatas. Asuransi jenis ini biasanya tidak memberi kejelasan mengenai jumlah pertanggungan dan sifatnya sangat terbatas. Oleh karena itu, polis asuransi kecelakaan diri dapat memberi Anda kebebasan untuk memilih perencanaan terbaik serta jenis pertanggungan yang benar-benar Anda butuhkan.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda sudah mantap untuk mengajukan asuransi kecelakaan diri? (Gatra.com)

Kabar gembira, kini Prudential dengan produk unit linknya menawarkan Anda asuransi yang bisa mencover tabungan/investasi, asuransi kecelakaan, dan asuransi jiwa tanpa Anda harus takut uang Anda tidak akan kembali.

Demikianlah artikel mengenai Asuransi Kecelakaan Diri : Kebutuhan ataukah Pilihan?, semoga bermanfaat.