Asuransi Murni atau Unit Link yang Lebih Baik Untuk Anda

Asuransi Murni atau Unit Link yang Lebih Baik Untuk Anda – Asuransi mempunyai manfaat penting bagi kehidupan seseorang, karena jika terjadi musibah asuransi siap menanggung segala kerugian secara finansial. Sehingga seseorang tidak akan terpuruk setelah musibah terjadi padanya. Semua masalah akan menjadi ringan, jika menggunakan asuransi. Asuransi memiliki berbagai macam produk yang bisa anda sesuaikan dengan apa yang ingin anda jaminkan, misalnya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi properti, asuransi kebakaran, asuransi mobil, asuransi perjalanan dan lainnya.

Asuransi merupakan taktik penting untuk menjaga hidup anda dari kerugian finansial. Apalagi setiap hari harga bahan makanan pokok, biaya sekolah, dan harga keperluan lainnya semakin tinggi, sehingga kita perlu melindungi masa depan kita dari kesulitan keuangan. Bukan hanya itu saja asuransi juga mampu memproteksi anda jika harus dirawat di rumah sakit, sehingga keluarga tak kebingungan mencarikan uang untuk membayar biaya rumah sakit.

Maka, segeralah pilih asuransi sesuai dengan kebutuhan anda sekeluarga. Pada umumnya asuransi yang paling banyak peminatnya di Indonesia adalah asuransi kesehatan. Ternyata asuransi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu asuransi murni dan unit link. Supaya anda tidak bingung dalam memilih jenis asuransi mana yang cocok untuk diri sendiri dan keluarga, simak uraian kami di bawah ini :

Sebelum ke perbedaannya mari kita pelajari dulu tentang pengertian asuransi murni dan unit link,

asuransi 635x541 » Asuransi Murni atau Unit Link yang Lebih Baik Untuk Anda
Perbedaan asuransi murni dan unit link (Ilustrasi/pixabay)

Asuransi Murni

Asuransi kesehatan murni merupakan jenis asuransi yang mempunyai manfaat dalam perlindungan kesehatan bagi nasabahnya, premi yang dibayar tiap bulannya pun lebih rendah daripada unit link. Mengapa harga preminya jauh lebih murah? Sebab, asuransi murni hanya memberikan satu manfaat saja yaitu proteksi kesehatan, tak ada tambahan program investasinya. Apabila nasabah tidak melakukan klaim sekalipun, uang premi yang dibayarkan selama ini kepada perusahaan asuransi dapat nasabah tarik kembali, namun jumlahnya tetap tidak bertambah. Bahkan ada beberapa perusahaan asuransi yang sengaja memotong jumlah uang premi sekian persen. Di program asuransi murni, premi yang dibayarkan oleh nasabah hanya difokuskan untuk jiwa yang tertanggung dan tidak ada pengelolaan investasi di dalamnya. Asuransi bisa diklaim ahli waris tertanggung apabila terjadi resiko meninggal.

Kelebihan Asuransi Murni

  • Harga preminya lebih murah
  • Tidak terikat pada jangka waktu yang sangat lama, minimal hanya 1 tahun

Kekurangan Asuransi Murni

  • Dana dapat hilang apabila tidak ada klaim
  • Uang premi jumlahnya tetap tidak bertambah

Asuransi Unit Link

Asuransi kesehatan unit link adalah jenis asuransi yang mempunyai dua manfaat, yaitu untuk proteksi dan investasi. Jadi, premi yang dibayarkan oleh nasabahnya termasuk dana investasi yang nantinya dapat dicairkan. Tetapi, jika pada masa perlindungan nasabah mengalami musibah, uang pertanggungan akan diberikan kepada nasabah sesuai jumlah yang tercatat di polis asuransi. Nasabah selain mempunyai dana pertanggungan juga mempunyai dana investasi yang bisa dicairkan kapan saja sesuai keinginan nasabah. Oleh sebab itu, nasabah yang mengikuti asuransi kesehatan unit link harga preminya lebih mahal daripada yang membeli asuransi murni.

Pada asuransi unit link, Perusahaan asuransi akan menginvestasikan dana premi yang nasabah bayar setiap bulan ke berbagai jenis investasi. Itulah mengapa nasabah dapat menikmati dua manfaat, proteksi terhadap kesehatannya dan hasil investasi yang dikelola perusahaan asuransi. Tentu baik bagi anda yang mempunyai penghasilan tinggi tetapi bingung mau berinvestasi dimana? Tetapi biasanya investasi unit link hasil yang didapat kurang maksimal karena ada potongan dana untuk manajer investasi atau si pengelola dana investasi.

Kelebihan Asuransi Kesehatan Unit Link

  • Dana dapat dicairkan walau tidak ada klaim
  • Mendapatkan keuntungan dari investasi

Kekurangan Asuransi Kesehatan Unit Link

  • Harganya preminya jauh lebih mahal
  • Ada kemungkinan investasi gagal, uangnya pun hilang atau sedikit berkurang
  • Memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencairkan kauntungan hasil investasi

Manfaat Asuransi Kesehatan Murni

  • Sebagai nasabah anda akan merasa aman atas resiko kesehatan yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Dengan membayar premi setiap bulan sudah mampu melindungi diri anda dari hampir semua macam penyakit dan kecelakaan. Uang premi tersebut khusus untuk mengurus biaya kesehatan anda nantinya.
  • Memberikan manfaat dalam menanggung segala kerugian financial yang dikarenakan oleh berbagai resiko ketidakpastian untuk merencanakan masa tua yang bahagia, tanpa merepotkan anggota keluarga lainnya.

Manfaat Asuransi Kesehatan Unit Link

  • Meski membayar satu premi tetapi sudah mendapatkan fungsi proteksi kesehatan dan investasi sekaligus. Anda tidak perlu turun tangan dalam mengelola investasi karena perusahaan asuransi telah mengelolanya dengan baik.
  • Akan tersedia berbagai macam pilihan instrumen investasi untuk nasabahnya. Jadi, nasabah hanya tinggal memilih mana yang sesuai dengan profil resiko. Selain itu, laporan tentang perkembangan investasi akan dikirimkan kepada nasabah setiap bulannya. Dengan begitu memudahkan anda untuk melakukan pengawasan terhadap dana investasi anda setiap bulan.
  • Biasanya unit link menawarkan berbagai macam produk asuransi tambahan seperti, asuransi kesehatan penyakit kritis, cacar, dan lain-lain. Sehingga sebagai nasabah anda tidak usah repot mencari tambahan asuransi yang dibutuhkan sendiri.

Itulah perbedaan asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan unit link. Walau berbeda keduanya mempunyai manfaat yang sama yakni memberikan perlindungan terhadap kesehatan nasabahnya. Dalam memilih mana yang pas untuk anda sebaiknya sesuaikan dengan budget anda tiap bulan, resiko yang didapat dan

asuransi 635x541 » Asuransi Murni atau Unit Link yang Lebih Baik Untuk Anda
Perbedaan asuransi murni dan unit link (Ilustrasi/pixabay)

seberapa lengkapnya manfaat bagi anda. Dengan adanya artikel ini anda pasti sudah mampu memastikan mana yang harus anda beli untuk kebaikan diri sendiri maupun keluarga. Penting sekali bagi anda agar memperhatikan apa yang tertera pada polis asuransi jangan sampai anda kecewa dalam memilih proteksi.

Demikianlah Asuransi Murni atau Unit Link yang Lebih Baik Untuk Anda, semoga bermanfaat.