Asuransi Perawatan Jangka Pendek

Apakah Anda sudah memahami apa itu asuransi perawatan jangka pendek? Asuransi perawatan jangka pendek digunakan untuk membayar biaya perawatan masa tua, pembantu rumah tangga, maupun perawat terampil untuk merawat Anda di rumah dengan jangka waktu tertentu. Lama masa pertanggungan berkisar antara 30 hari sampai dengan satu tahun. Asuransi perawatan ini memiliki premi yang umumnya lebih rendah dari perawatan jangka panjang. Jadi memang dapat dikatakan perawatan jangka pendek merupakan solusi yang bersifat temporer.

perawatan 635x357 » Asuransi Perawatan Jangka Pendek
Asuransi perawatan jangka pendek (Ilustrasi/pixabay)

Ada kalanya seseorang yang ingin mendapatkan asuransi perawatan jangka panjang tidak memenuhi persyaratan, sehingga tidak dapat menggunakan asuransi perawatan jangka panjang tersebut. Lantas jika Anda tidak memiliki asuransi perawatan jangka panjang bukan berarti Anda harus membiarkan diri tanpa adanya perlindungan sama sekali. Anda bisa memilih untuk menggunakan perawatan jangka pendek. Barbara Stahlecker, direktur pemasaran nasional Premier Perawatan Jangka Panjang mengatakan bahwa :” Jika klien tidak memenuhi syarat untuk asuransi perawatan jangka panjang, maka ada baiknya menggunakan asuransi perawatan jangka pendek. Hal ini lebih baik dibandingkan dengan sama sekali tidak berusaha untuk melindungi diri.”

Membiarkan diri tanpa perlindungan asuransi sangat buruk, karena perlu Anda ketahui bahwa harga untuk perawatan akan naik setiap tahunnya. Memang harapan semua orang ialah untuk tetap sehat, namun tidak ada salahnya untuk bersiap–siap akan kemungkinan terburuk.

Ada beberapa keuntungan dengan menggunakan asuransi perawatan jangka pendek seperti jarang sekali terjadi kenaikan harga, proses mendaftar mudah dan sederhana, premi kurang dari $ 100 setiap bulannya. Jika suatu saat terjadi kenaikan tarif di masa mendatang, kebijakan yang digunakan asuransi perawatan jangka pendek akan tetap lebih mudah dibandingkan dengan asuransi perawatan jangka panjang. Alasannya ialah premi akan tetap lebih rendah dibandingkan dengan asuransi perawatan jangka panjang.

Tren penggunaan asuransi perawatan jangka pendek mulai naik di tahun 2015, dimana pada tahun–tahun sebelumnya pengguna asuransi ini sangat sedikit. Pada 6 bulan pertama, pengguna perawatan jangka pendek sudah sebanyak 26.237 jiwa. Jumlah tersebut telah meningkat sebanyak 71% dari tahun sebelumnya.

Jika Anda memiliki polis asuransi perawatan jangka panjang dengan kriteria 90 hari, polis tersebut akan menjadi efektif jika Anda membutuhkan perawatan yang membutuhkan lama waktu 90 hari atau lebih. Jika pemulihan dari cedera hanya membutuhkan waktu kurang dari 90 hari, maka polis asuransi jangka panjang tersebut tidak diaktifkan. Bukankah dalam kasus tersebut sebaiknya Anda menggunakan asuransi perawatan jangka pendek, karena dengan perawatan jangka pendek sudah dapat menyelamatkan ribuan dolar.

Namun memang disarankan jika Anda memiliki kemampuan untuk membayar biaya asuransi jangka panjang dan dapat memenuhi persyaratan lain untuk memilih asuransi perawatan jangka panjang. Perawatan jangka pendek hanya tepat ditujukan untuk klien yang tidak dapat memenuhi persyaratan perawatan jangka panjang. Menggunakan asuransi perawatan jangka pendek berarti menggunakan rencana B, karena klien hanya mendapat perawatan dalam waktu sekitar satu tahun ataupun kurang.