Beberapa Istilah Penting Dalam Asuransi yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa Istilah Penting Dalam Asuransi yang Wajib Anda Ketahui – Dalam asuransi terdapat banyak istilah yang terkadang membuat anda pusing mengartikannya. Apalagi bagi anda yang sama sekali belum pernah terjun di bidang keuangan dan kurang paham bahasa Inggris, pasti sulit mengerti sekali. Sebagai nasabah anda perlu mengetahui arti istilah yang sering diungkapkan dalam asuransi, sehingga anda bisa mengerti ketika bertransaksi dan tidak salah dalam mengambil tindakan.

Istilah-istilah dalam asuransi yang wajib diketahui

asuransi properti 635x422 » Beberapa Istilah Penting Dalam Asuransi yang Wajib Anda Ketahui
Istilah-istilah dalam asuransi (Ilustrasi/pixabay)

Nah, berikut ini kami rangkum beberapa istilah penting asuransi yang perlu anda ketahui. Mau tahu apa saja istilahnya, simak ulasan kami berikut ini :

Actuarial atau aktuaria

Actuarial merupakan fungsi di sebuah perusahaan asuransi yang menggunakan prinsip-prinsip matematika dalam asuransi, mulai dari memperhitungkan daftar harga premi hingga memastikan kesehatan keuangan perusahaan.

Annuity atau anuitas

Anuitas adalah memberikan penghasilan tetap selama seumur hidup. Biasanya sejumlah uang tunai diinvestasikan dan hasilnya dapat diunduh di kemudian hari sebagai pendapatan tetap seumur hidup bagi nasabah yang berinvestasi tadi.

Assignment atau pengalihan hak

Assignment merupakan pengalihan sebagian atau seluruh hak untuk menerima hasil pertanggungan yang diperoleh dari polis asuransi dari seseorang ke orang lainnya atau dari kelompok satu ke kelompok lainnya.

Automatic Premium Loan (pinjaman premi otomatis) atau Non Forfeiture Loan (pinjaman tanpa penebusan)

Yaitu jika premi tak dibayarkan saat masa tenggang, sementara polis mempunyai nilai tunai yang cukup, dalam hal ini terdapat suatu ketentuan supaya menetapkan jumlah premi nasabah dibayar di muka. Sedangkan total pinjaman premi yang terhutang bisa dikenakan bunga.

Cash Value (nilai tunai) atau Surrender Value (nilai Tebusan)

Yaitu total uang yang nantinya akan diterima oleh pemegang polis jika dia menggunakan polis asuransi yang manfaatnya juga dengan nilai tabungan.

Endowment Plan atau program pemberian bantuan

Endowment plan adalah sebuah program asuransi yang memadukan manfaat proteksi dan tabungan. Program asuransi jenis ini memberikan manfaat dengan membayar sejumlah uang tunai kepada pemilik polis saat polis telah jatuh tempo. Program yang juga melakukan pembayaran sejumlah uang tunai ketika nasabah meninggal dunia, atau jika bisa diterapkan, kala pemilik polis mengalami cacat menyeluruh yang sifatnya permanen dan apabila hal itu terjadi masih dalam masa berlakunya polis.

Grace Periode/ masa tenggang

Merupakan jangka waktu setelah selesainya masa jatuh tempo pembayaran premi, dimasa ini pembayaran premi masih tanpa dikenakan bunga. Selama masa tenggang, polis tetap dianggap berlaku. Jadi itu waktu toleransi bagi anda yang lupa membayar premi saat tanggal jatuh tempo.

Investment-linked Plan

Investment-linked Plan adalah program asuransi yang dihubungkan dengan investasi. Premi yang dibayarkan pun digunakan untuk membeli manfaat perlindungan asuransi jiwa ataupun unit yang dirangkum pada satu portofolio investasi. Harga per unit investasi tergantung kinerja investasi dana.

Maturity Date atau tanggal jatuh tempo

Maturity date adalah tanggal yang telah disepakati perusahaan asuransi saat membayarkan sejumlah uang tunai kepada nasabah.

Non participating policy atau polis yang tidak mengikutsertakan

Non participating policy yaitu jenis polis asuransi dimana sang pemegang polsi tidak diikutkan dalam keuntungan perusahaan asuransi.

Paid up Value atau nilai pembayaran di muka

Paid up Value atau nilai pembayaran di muka merupakan ketentuan yang memberi hak pada pemegang polis untuk memberhentikan pembayaran premi di kemudian hari setelah polis sudah memperoleh nilai tunai. Polis akan tetap berlaku sesuai jumlah uang pertanggungan yang sudah berkurang nilainya.

Participasting Policy atau polis yang mengikutsertakan

Participasting Policy adalah jenis polis asuransi dimana sang pemegang polis diikutkan dalam pembagian keuntungan perusahaan.

Policy Lapse atau polis lewat waktu

Policy Lapse yaitu suatu penghentian penanggungan manfaat asuransi oleh perusahaan yang disebabkan karena premi-premi tidak lagi dibayar.

Policy Loan atau pinjaman polis

Policy Loan merupakan suatu cara seorang pemegang polis ketika membutuhkan dana untuk jangka waktu sementara bisa mengajukan pinjaman polis terhadap besarnya nilai pertanggungan dari polis tersebut. Bunga dihitung mulai sejak tanggal mencairkan dana dari pinjaman polis.

Premium atau premi

Premium yaitu jumlah yang wajib dibayarkan untuk mendapatkan pertanggungan asuransi di kemudian hari.

Regular Premium Policy atau polis premi reguler

Regular Premium Policy adalah jenis polis yang pembayaran premi dilakukan secara berkala, misalnya, setiap bulan, setiap empat bulanan, setiap enam bulan atau tahunan.

Reinstatement atau pemberlakuan kembali

Reinstatement adalah suatu proses dimana seseorang asuradur memberlakukan lagi jenis polis yang sudah lewat masa tenggang yang disebabkan oleh premi-premi yang tidak dibayarkan.

Rider/ manfaat tambahan

Rider adalah suatu manfaat tambahan untuk nasabah yang mampu diikutsertakan dalam program asuransi dasar. Salah satunya seperti pada program whole life plan atau asuransi jiwa menyeluruh maupun program endownment atau program pemberian bantuan dasar. Manfaat ini sengaja dirancang khusus oleh perusahaan asuransi untuk memberikan proteksi tambahan terhadap keuangan nasabah dengan biaya lebih murah.

Single Premium Policy atau polis dengan premi sekali bayar

Single Premium Policy merupakan jenis polis yang melakukan pembayaran premi sekali di muka.

Sum Assured atau jumlah yang tertanggung

Sum Assured adalah sejumlah uang jaminan yang ditanggungkan terhadap sang pemegang polis asuransi.

Term Plan atau program berjangka terbatas

Adalah jenis progran asuransi yang menawarkan proteksi asuransi jiwa dalam jangka waktu terbatas. Uang pertanggungan asuransi hanya bisa dibayarkan ketika pemegang polis meninggal. Atau jika bisa diberlakukan saat mengalami cacat permanen di masa berlakunya program asuransi tersebut.

Underwriting atau penjaminan

Underwriting atau penjaminan merupakan istilah proses penaksiransi serta penggolongan derajat risiko yang berhubungan dengan calon tertanggung. Juga termasuk pembuatan keputusan apakah menerima atau menolak klaim atas risiko yang terjadi.

Whole Life Plan atau program asuransi jiwa menyeluruh

Merupakan suatu program asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup atas risiko kematian, jika diberlakukan cacat menyeluruh dan permanen kepada pemegang polis.

Itulah berbagai istilah yang sering disebut dalam bidang asuransi, dengan adanya artikel ini semoga bermanfaat bagi anda yang bertransaksi di bidang asuransi.