Fasilitas, Kelebihan, dan Bagaimana Sistem Kerja Unit Link?

Terkadang orang enggan membeli asuransi karena sama dengan mengeluarkan dana untuk sesuatu yang belum pasti terjadi. Pemikiran setiap orang memang berbeda-beda, ada yang sengaja mencari asuransi untuk melindunginya dari segala kerugian dari risiko yang mungkin terjadi. Sebab, kita tak tahu apa yang terjadi di masa depan nanti, bisa saja keburukan dapat menghampiri diri.

Namun, apabila produk asuransi digabung dengan produk investasi sehingga mendapat penghasilan dari program tersebut, masihkah ada yang menolaknya? Jika dilihat dengan seksama dana premi yang kita setor akan terbagi menjadi dua yaitu untuk asuransi dan sebagiannya dialokasikan untuk investasi. Tapi mengapa unit link masih ditawarkan oleh pihak asuransi? apa saja sebenarnya fasilitas yang kita dapatkan, manfaatnya, kelebihannya bila dibandingkan hanya berasuransi saja dan bagaimanakah sistem kerja unit link?

Agar anda lebih paham secara detail mengenai unit link, marilah simak rangkuman kami di bawah ini. Dengan begitu anda menjadi lebih yakin dalam mengalokasikan dana anda.

Fasilitas dan biaya yang dikenakan untuk unit link

asuransi unit link 635x374 » Fasilitas, Kelebihan, dan Bagaimana Sistem Kerja Unit Link?
Fasilitas, Kelebihan, dan Sistem Kerja Unit Link

Unit link merupakan produk yang menawarkan anda dua keuntungan sekaligus. Yang pertama yaitu anda memperoleh proteksi dari produk asuransi yang anda pilih dan yang kedua anda mendapatkan manfaat dari investasi yang mampu menambah aset anda. Inilah mengapa unit link begitu menarik perhatian masyarakat dan cukup laris produknya.

Namun, masyarakat semakin hari semakin mengerti jelas mengenai produk unit link. Tak sedikit dari mereka yang menghitung dan ternyata banyak yang kecewa mengalokasikan dananya di unit link. Hal itu disebabkan karena unit link pada umumnya lebih mahal lantaran biaya untuk prosesnya tergolong besar. Sedangkan hasil yang didapat para nasabah pun dirasa sangat lambat daripada produk investasi murni. Untuk lebih jelasnya sebenarnya apa yang membuat unit link mahal, berikut ini rinciannya :

  • Biaya administrasi
    Biaya administrasi akan terus dibebankan terhadap nasabah selama polis masih berlaku. Besarnya biaya administrasi yang dibayarkan berdasarkan dari kebijakan perusahaan asuransi yang menaungi. Sistem pembayarannya pun diatur dapat dihitung secara bulanan maupun tahunan.
  • Biaya alokasi premi
    Saat awal pembelian asuransi unit link, biaya premi dibebankan kepada pemegang polis. Yang kurang tepat mengenai produk unit link adalah mengapa biaya tersebut juga dikenakan setiap dana dialokasikan ke produk investasi.
  • Biaya pengelolaan investasi
    Setelah kedua biaya yang sudah dibahas sebelumnya, masih ada biaya pengelolaan investasi yang perlu ditanggung sang pemegang polis, mungkin demi keuntungan produk yang telah dipasarkan. Kisaran biaya yang dikenakan kepada pemegang polis berbeda maksimal mencapai 3 persen pertahunnya tergantung harga unit. Besarnya biaya juga ditentukan dari bentuk investasi yang dipilih pemegang polis, dana pengelolaan serta margin keuntungan yang telah diharapkan oleh pihak asuransi.

Kelebihan produk unit link

  • Ahli waris memperoleh dana pertanggungan lebih besar
    Apabila anda mengikuti program asuransi unit link, dengan premi tunggal sebesar Rp 500 juta. Maka manfaat yang didapatkan ketika anda meninggal dunia nantinya adalah ahli waris anda mendapatkan uang pertanggungan dengan perhitungan Rp 500 juta x 150% hasilnya Rp 750 juta. Keuntungan yang sangat besar bukan?
  • Memudahkan untuk berinvestasi di rekasa dana
    Anda tahu kan minimal uang yang digunakan untuk berinvestasi di reksa dana adalah Rp 100 ribu, sedangkan apabila anda mengikuti unit link anda dapat ikut berinvestasi di reksadana dengan uang di bawah Rp 100 ribu, hanya Rp 50 ribu perbulan saja. Itu cukup membuat anda lebih menghargai fungsi uang 50 ribuan.

Ketika terjadi kredit macet

Apabila anda berhenti mengikuti unit link di tengah jalan tentu saja kerugianlah yang anda rasakan. Sebelum memutuskan untuk menghentikan produk unit link, anda perlu mempelajari polis sekali lagi. Biasanya unit link mengharuskan para nasabahnya membayar premi hingga periode tertentu agar dananya dapat ditarik dan tak hangus. Bagaimanapun juga setiap produk keuangan perlu pemikiran matang untuk mengikutinya. Sebagai nasabah anda perlu mempelajari peraturan serta risiko tak terduga yang bisa terjadi kapan saja.

Jika menilik dari profil asuransi, produk unit link sangat tepat bagi anda yang memiliki dana berlebih. Yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk mengambil produk unit link adalah anda bisa secara tepat mengatur keuangan keluarga. Sebenarnya sederhana saat mengambil produk unit link, lakukan perhitungan terlebih dahulu kebutuhan asuransinya baru setelah itu pilih produk yang anda inginkan. Lalu ingatlah semua aturan dalam investasi, lakukan perhitungan mulai dari tujuan anda, jangka waktu berinvestasi serta paling penting adalah mengenal profil risiko terhadap diri sendiri.

Proses investasi

Karena perusahaan tersebut adalah perusahaan asuransi yang fokus utamanya untuk proteksi, pemegang polis diharapkan lebih jeli investasi tak dijalankan saat awal tahun pembayaran premi. Sebagai nasabah anda hanya diberikan pilihan dimana uang anda akan ditempatkan. Biasanya pilihannya seperti reksa dana saham, reksa dana campuran, pendapatan tetap ataupun pasar uang. Anda bisa mengawasi nilai investasi tetapi tanpa tahu ke mana aliran dana anda dialokasikan. Itupun kalau anda paham tentang cara membaca nilai investasi.

Wajib anda ketahui, kebanyakan perusahaan asuransi menyetorkan dana dari nasabahnya ke wadah investasi pada tahun kelima. Besarnya nilai investasi yang disetorkan belum tentu mencapai 100%. Sedangkan di tahun pertama hampir semua setoran nasabahnya disetorkan dalam keranjang premi. Baru kemudian pada tahap berikutnya dan seiring berjalannya waktu dana yang dialokasikan ke wadah investasi diperbesar.

Langkah cermat mengikuti program asuransi unit link

  • Tentukan tujuan keuangan anda saat berinvestasi, sehingga produk yang dipilih tepat sesuai kebutuhan.
  • Ukur kemampuan keuangan keluarga anda, agar tak berat dalam menjalani hidup selama ini.
  • Pahami secara detail tentang aturan dalam bermain di asuransi unit link. Tanyakan kepada agen asuransi berapa persen dana yang dibayarkan untuk premi dan investasi dari awal. Kalau ingin lebih jelas mintalah gambaran secara tertulis dalam setiap penjelasannya.
  • Pahami biaya yang timbul, lebih baik bandingkan dengan produk lainnya.
  • Pahami detail kinerja dana investasi baik reksa dana, campuran, pasar uang maupun pendapatan tetap. Mintalah penjelasan secara lengkap tentang performa serta prospek ke depannya.

Demikianlah Fasilitas, Kelebihan, dan Bagaimana Sistem Kerja Unit Link? Semoga bermanfaat.