Inilah Beberapa Jenis Asuransi yang Ada Di Indonesia

Inilah Beberapa Jenis Asuransi yang Ada Di Indonesia – Asuransi adalah lembaga keuangan bukan bank yang dipilih oleh masyarakat sebagai alternatif untuk investasi yang tepat. Asuransi juga merupakan cara meminimalisir risiko bila terjadi kerugian secara finansial. Sebenarnya definisi asuransi yaitu perjanjian antara pihak asuransi atau penyedia jasa layanan asuransi (penanggung) dengan seseorang yang memegang polis (tertanggung) juga diwajibkan membayar premi dalam rangka memberi penggantian kepada risiko kerusakan, kerugian, kehilangan keuntungan dan kematian yang mungkin saja dapat terjadi karena hal yang tak terduga menimpa pemegang polis.

Dari pengertian asuransi di atas kita dapat menyimpulkan bahwa asuransi memberikan perlindungan akan terjadinya ancaman risiko. Di saat pemegang polis atau tertanggung tertimpa peristiwa buruk lalu menyebabkan dia mengalami kerugian maupun kerusakan yang berdasarkan ketentuan dalam kontrak, pemegang polis berhak untuk mengajukan klaim asuransi. Penerima asuransi tidak diharuskan pihak tertanggung saja yang namanya telah tercantum pada polis, namun orang lain juga bisa menerimanya dengan persetujuan dari pemegang polis.

Jika membahas asuransi urusannya sangat panjang dan tidak ada habisnya. Yang terpenting adalah proteksi yang diberikan oleh pihak asuransi untuk masa depan kita. Nah, berikut inilah beberapa jenis asuransi yang ada di Indonesia, adalah :

Jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia

asuransi 635x476 » Inilah Beberapa Jenis Asuransi yang Ada Di Indonesia
Jenis-jenis asuransi di Indonesia (Ilustrasi)

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa yaitu asuransi yang memberikan keuntungan secara finansial terhadap pihak tertanggung atas kematiannya. Asuransi ini mencegah terjadinya kekurangan finansial dari pihak keluarga tertanggung karena kematiannya. Sistem pembayaran asuransi jiwa berbeda-beda tergantung peraturan perusahaan asuransinya. Ada perusahaan asuransi yang memungkinkan pemegang polis mengajukan klaim dana sebelum kematian dan ada yang klaim dananya hanya bisa setelah kematian saja.

Asuransi jiwa, produk asuransi yang boleh dibeli untuk dimanfaatkan sendiri dan nama pemegang polis saja, maupun dibeli untuk dimanfaatkan oleh orang ketiga. Contohnya, suami dapat membeli polis asuransi jiwa yang nantinya akan memberikan manfaat untuknya atas kematian istri.

Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan, asuransi yang paling dikenal dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Sebab, proteksinya terhadap kesehatan pemegang polis sangat diperlukan, tak ada yang tahu akan terjadi apa di masa depan. Jika pemegang polis mengalami sakit, maka biaya perawatan di rumah sakit akan ditanggung oleh pihak asuransi berdasarkan ketentuan yang berlaku. Pada umumnya penyebab sakit pemegang polis yang ditanggung biayanya oleh pihak asuransi adalah, cacat, cidera, sakit, sampai kematian akibat peristiwa kecelakaan. Sama seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan juga dapat dibeli untuk dimanfaatkan oleh pihak ketiga bukan hanya pemegang polis saja.

Asuransi kendaraan

Jenis asuransi kendaraan terpopuler di Indonesia yaitu produk asuransi mobil yang fokusnya kepada tanggungan cidera yang terjadi pada orang lain ataupun kerusakan kendaraan orang lain yang diakibatkan si pemegang polis. Asuransi ini juga membayar kerusakan maupun kehilangan kendaraan pemegang polis. Asuransi kendaraan termasuk salah satu produk dari asuransi umum. Bahkan asuransi ini sempat booming saat kerusuhan mei tahun 1998, sebab peristiwa itu meningkatkan minat masyarakat atas proteksi asuransi kendaraan pribadi.

Asuransi kepemilikan rumah atau properti

Sebagai aset pribadi yang berharga baik di masa sekarang maupun untuk masa depan, pemilik harus waspada terhadap adanya bencana alam atau musibah yang bisa saja menimbulkan kerugian finansial. Untuk itu, perlu adanya proteksi bagi bangunan anda tersebut. Belilah polis asuransi properti agar bangunan anda terlindungi dari kerugian finansial yang kapan saja bisa terjadi.

Asuransi pendidikan

Asuransi yang bermanfaat bagi kelangsungan pendidikan anak-anak anda. Asuransi pendidikan adalah solusi tepat mengatasi mahalnya biaya pendidikan anak yang naik dari tahun ke tahun. Besarnya premi yang dibayarkan pemegang polis terhadap pihak asuransi berbeda tergantung tingkat pendidikan yang diharapkan nantinya.

Asuransi bisnis

Asuransi bisnis yaitu sebuah layanan proteksi jika terjadi kehilangan, kerusakan ataupun kerugian finansial dalam jumah besar pada bisnis pemegang polis. Perlindungan asuransi bisnis meliputi perlindungan yang ditimbulkan karena bencana alam, ledakan, kebakaran, tabrakan sampai kerusuhan. Bahkan juga biasanya menawarkan perlindungan karyawan yang merupakan aset bisnis, proteksi terhadap investasi dan bisnis serta asuransi jiwa bagi para karyawan serta paket asuransi kesehatan untuk para karyawan juga.

Asuransi umum

Asuransi umum adalah jenis perlindungan atas terjadinya risiko kerugian ataupun kehilangan manfaat serta tanggung jawab secara hukum kepada pihak ketiga. Jaminan asuransi ini umumnya berlaku jangka pendek kira-kira satu tahun. Asuransi umum dibagi menjadi dua yaitu :

  • Jaminan sosial : produk asuransi umum yang harus dimiliki seluruh penduduk suatu negara yang bertujuan agar setiap orang mempunyai jaminan masa tua. Pembayaran premi asuransi ini biasanya dilakukan secara paksa, mungkin dengan langsung memotong gaji orang setiap bulannya.
  • Asuransi sukarela : produk asuransi umum yang dijalankan secara sukarela. Asuransi sukarela terdiri dari 2 klasifikasi, Commercial Insurance dan Government Insurance. Commercial insurance adalah asuransi yang tujuan proteksinya terhadap seseorang, keluarga, dan perusahaan atas risiko yang bisa saja terjadi. Sedangkan government insurance adalah asuransi yang dikelola oleh pemerintah.

Asuransi kredit

Asuransi kredit yaitu sebuah pelayanan perlindungan bagi risiko kerugian debitur dalam melunasi pinjaman tunai atau fasilitas kredit, contohnya kredit perdagangan, modal kerja, dan lain-lain. Asuransi ini sangat berhubungan baik dengan pihak perbankan dan jasa perkreditan. Tujuan dari asuransi kredit merupakan untuk memberikan proteksi kepada pihak bank atau jasa perkreditan lain dari kemungkinan tidak mendapatkan kembali dana kredit yang pernah dipinjamkan pada nasabah, lalu membantu mengarahkan serta memberikan keamanan di bidang perkreditan. PT Asuransi Kredit Indonesia adalah pihak yang dipercaya pemerintah mengelola asuransi kredit di Indonesia.

Asuransi kelautan

Jenis asuransi yang bergerak di bidang kelautan, tujuannya melindungi pengangkut dan sang pemilik cargo. Risiko yang dapat ditanggung pihak asuransi meliputi: Kerusakan kapal, kerusakan cargo dan hal-hal yang melukai penumpang. Asuransi kelautan solusi pengalihan risiko untuk diri pribadi serta seluruh barang bawaan anda yang sedang menggunakan jasa angkutan laut. Faktor yang mempengaruhi besarnya premi asuransi yaitu pengepakan barang, barang yang termasuk dalam program asuransi, pengangkutan, perjalanan dan segala risiko yang ikut diasuransikan.

Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan memberikan perlindung kepada seseorang yang sedang melakukan perjalanan menggunakan angkutan umum. Asuransi perjalanan ini merupakan bentuk jaminan perlindungan jangka pendek, hanya selama pemegang premi melakukan perjalanan sampai tujuan. Manfaat asuransi perjalanan adalah memproteksi dan menanggung biaya ketika kecelakaan, bencana alam atau kerugian karena hal lainnya saat di perjalanan.

Demikianlah Jenis-jenis Asuransi yang Ada Di Indonesia, semoga bermanfaat.