Inilah yang Membedakan Antara Asuransi Kebakaran dan Asuransi Properti

Inilah yang Membedakan Antara Asuransi Kebakaran dan Asuransi Properti – Untuk perlindungan properti dan seluruh isinya yang kita tahu pada umumnya adalah asuransi properti. Tetapi ternyata ada asuransi kebakaran yang memberikan perlindungan secara total atas kerugian yang menimpa pemilik polis asuransi. Sebagai orang awam pasti kita bingung apa itu asuransi properti dan apa itu asuransi kebakaran. Perlindungan kedua asuransi tersebut menjangkau apa sajakah? Yah, kita tak tahu apapun tentang itu.

Untuk itu kita bahas pengertiannya satu persatu, asuransi properti adalah asuransi yang memberikan proteksi pada properti baik yang sudah jadi maupun yang baru tahap pembangunan. Sedangkan asuransi kebakaran merupakan asuransi yang memproteksi struktur serta isi properti dari risiko kebakaran. Termasuk juga melindungi properti dari asap, ledakan, petir, benturan yang diakibatkan oleh helikopter ataupun pesawat terbang.

Namun, perbedaan asuransi kebakaran dan asuransi properti biasanya tergantung perusahaan asuransi yang anda naungi. Yang jelas tujuan kedua asuransi tersebut sama-sama melindungi properti dari bahaya yang mungkin terjadi. Keduanya sama-sama ingin membantu mengembalikan keadaaan nasabahnya agar cepat kembali normal secara finansial. Setelah membahas pengertiannya, mari kita kupas satu-persatu tentang kedua asuransi tersebut. Jadi, kita lebih jelas dan mengerti, serta mampu memilih asuransi yang tepat untuk perlindungan terhadap properti anda.

Perbedaan asuransi kebakaran dan asuransi properti

Asuransi kebakaran 635x635 » Inilah yang Membedakan Antara Asuransi Kebakaran dan Asuransi Properti
Perbedaan Asuransi kebakaran dan properti (Ilustrasi/pixabay)

Inilah yang membedakan antara asuransi kebakaran dan asuransi properti, yaitu :

Asuransi Kebakaran

Produk asuransi yang menanggung kerugian atas kerusakan harta benda karena kebakaran atau disebabkan oleh hal lainnya yang sudah termasuk dalam polis. Pada umumnya terdapat 5 resiko yang dijamin oleh polis standar asuransi kebakaran Indonesia yaitu : kebakaran, ledakan, petir, terbentur pesawat serta karena asap. Supaya anda lebih mengerti berikut ini penjelasannya :

  1. Kebakaran

Terdapat 3 macam kebakaran yang ikut dalam proteksi asuransi kebakaran yaitu kebakaran yang disebabkan oleh api yang muncul dengan sendirinya, korsleting atau hubungan arus pendek, dan kebakaran karena rambatan benda lain di sekitar asal, kebakaran yang terjadi bukan disebabkan oleh yang dikecualikan dalam polis asuransi. Misalnya kebakaran itu karena kecerobohan anda sendiri, berarti pihak asuransi berhak menolak klaim yang anda ajukan.

2. Kerugian karena petir

Saat petir menyambar takkan memilih siapa yang akan disambarnya, begitu saja tiba-tiba terdengar suaranya. Nah, kerugian yang ditanggung oleh pihak asuransi kebakaran karena tersambar petir meliputi, peralatan elektronik, mesin listrik, dan instalasi listrik. Maka, ketika petir menyambar rumah anda dan menimbulkan kebakaran pada benda-benda tersebut, segeralah ajukan klaim pada pihak asuransi. Karena sudah kewajibannya menanggung kerugian anda atas musibah yang terjadi.

3. Kerugian atas ledakan

Kerugian yang ditanggung oleh polis adalah harta benda yang telah ditanggungkan dalam polis ini ataupun polis lain yang saling berkaitan tujuannya demi kepentingan nasabah yang sama. Ledakan bisa saja terjadi karena gadget atau bahan kimia yang tercampur dengan elemen api sehingga menimbulkan bunyi dan membuat rusak lingkungan sekitar. Tentu sebelum adanya persetujuan atas klaim yang anda ajukan, ada tinjauan dulu dari pihak asuransi yang memastikan ledakan tersebut memang sesuai dengan ketentuan dalam polis.

4. Terbentur atau kejatuhan pesawat/ helikopter

Yang ditanggung dalam polis meliputi kejatuhan pesawat atau helikopter, terjadi benturan fisik bagian properti dengan pesawat, atau kerugian karena benda yang jatuh dari pesawat yang menimbulkan kerusakan pada properti maupun harta benda yang telah ditanggungkan dalam polis. Jadi, anda mendapatkan penggantian secara finansial atas kerusakan rumah atau harta benda anda akibat ketidaksengajaan pesawat terbang atau helikopter. Sedikit saja, membentur rumah anda maka, langsung ditangani apabila anda segera mengajukan klaim setelah kejadian tersebut.

5. Kerugian atas asap

Kerugian asap yang ditanggung oleh pihak asuransi yaitu seluruh harta benda yang telah ditanggungkan dalam polis ini maupun polis lain yang saling berkaitan tujuannya demi kepentingan nasabah yang sama.

Perluasan perlindungan dari asuransi kebakaran

Selain melindungi properti dan harta bendanya dari keadaan di atas, asuransi kebakaran juga memberikan perluasan perlindungannya kepada nasabahnya, diantaranya karena akibat :

  • Pemogokan, kerusuhan, serta kerugian akibat perbuatan jahat seseorang dan huru hara yang sesuai ketentuan Dewan Asuransi Indonesia (DAI).
  • Tanah longsor, biaya pembersihan puing-puing, bada, banjir, angin topan, dan kerusakan akibat air.
  • Benturan kendaraan dan asap

Resiko yang tidak ditanggung pihak asuransi kebakaran yaitu :

  • Kebakaran ataupun ledakan dari api yang muncul sendiri dan api yang muncul karena sifat barang sendiri.
  • Kerugian yang disebabkan karena perang, aksi musuh tak dikenal, penyerbuan, dan kegiatan sejenisnya.
  • Akibat dari reaksi atau radiasi nuklir ataupun pencemaran radio aktif.

Asuransi Properti

Asuransi properti biasa disebut dengan asuransi rumah. Sebenarnya perbedaannya dengan asuransi kebakaran sangat tipis. Ada perusahaan asuransi yang membedakan antara asuransi properti dan asuransi kebakaran. Namun, beberapa perusahan lainnya menganggap asuransi kebakaran sudah termasuk dalam asuransi properti.

Perlindungan asuransi properti menjangkau lebih luas mulai dari musibah banjir, aksi pencurian, pemogokan, huru-hara, dan kerusuhan. Memang itu juga disebutkan dalam proteksi asuransi kebakaran, tetapi nasabah akan dikenakan tambahan biaya premi, sementara asuransi properti hal tersebut adalah perlindungan standar, jadi tidak dikenakan biaya premi tambahan.

Itulah sekilas kita membahas perbedaan antara asuransi properti dan asuransi kebakaran. Sebetulnya perbedaannya tipis, tetapi seringkali membuat anda bingung harus memilih mana asuransi yang tepat untuk properti anad beserta harta benda didalamnya. Alangkah baiknya anda memilih jenis produk asuransi properti yang menjadi satu dengan asuransi kebakaran. Daripada anda bingung memilih antara keduanya, yang memberikan keuntungan serta fasilitas beda tipis itu. Tetapi semua pilihan bergantung pada anda, sesuaikan juga biaya premi dengan budget anda perbulannya. Semoga menjadi lebih baik dengan asuransi.