Insurer Berkewajiban Memberitahukan Peraturan Kenaikan Premi Secara Mendetail

Memberitahukan kepada pelanggan mengenai kenaikan premi merupakan kewajiban insurer. Insurer yang baik ialah insurer yang mampu menjelaskan secara rinci kepada pelanggan mengenai kenaikan premi dan segala macam peraturannya sehingga pelanggan dapat memahami dengan baik penyebab kenaikan premi. Ketidakjelasan mengenai informasi dapat menyebabkan pelanggan menurunkan tingkat kepercayaan kepada asuransi. Dengan kata lain menjelaskan secara terperinci dapat menghindarkan kesalahpahaman tersebut. Hal ini sudah sering dijelaskan oleh Financial Conduct Authority, dimana kenaikan harga premi harus selalu disertakan pada setiap pemegang polis setia yang hendak mengisi surat perpanjangan.

memberitahu kenaikan premi 635x508 » Insurer Berkewajiban Memberitahukan Peraturan Kenaikan Premi Secara Mendetail
Insurer Berkewajiban Memberitahukan Peraturan Kenaikan Premi Secara Mendetail (Ilustrasi/pixabay)

Pemberitahuan kepada pemegang polis setia merupakan kewajiban. Hal ini juga digunakan sebagai langkah – langkah untuk mengatasi masalah perusahaan menabrak premi para pemegang polis yang setia. Setelah perubahan regulator dan meningkatnya premi diberitahukan kepada para pemegang polis, Insurer juga harus menceritakan konsekuensi dan juga manfaat yang akan mereka peroleh dari adanya perubahan – perubahan tersebut. Insurer harus menjelaskan perubahan aturan dapat berarti semua surat perpanjangan yang berkaitan dengan kesehatan, rumah, wisata, kendaraan, maupun asuransi hewan peliharaan harus diperjelas dengan sejelas – jelasnya. Penjelasan tersebut juga harus disertai dengan kutipan jumlah yang telah dibayarkan oleh pelanggan di tahun sebelumya dan jumlah yang harus dibayarkan pada setahun mendatang.

Peraturan yang mewajibkan Insurer mengumumkan adanya perubahan – perubahan ditujukan untuk melindungi pelanggan. Langkah – langkah ini ditujukan untuk mempermudah pelanggan untuk mendeteksi apakah mereka sedang dilakukan penagihan yang berlebihan oleh Insurer atau memang adanya ketentuan perubahan dari perusahaan asuransi.

Regulator juga mengatakan bahwa perubahan yang ada sebagai tindakan untuk mengatasi kekhawatiran akan beberapa konsumen yang beranggapan bahwa menjadi setia pada seorang Insurer hanya akan berakhir pada pembayaran harga premi yang lebih tinggi. Maka dari itu Insurer harus menjadi lebih jeli memahami pola pikir pelanggannya dan berusaha untuk menjelaskan secara mendetail untuk menghilangkan kecemasan mereka. Para Insurer harus memahami bahwa kesalahpahaman konsumen harus dihindari, karena kesalahpahaman dapat berakhir pada penuduhan penipuan pada perusahaan asuransi tempat pelanggan membeli polis.

Berdasarkan survey, kasus kesalahpahaman ini telah terjadi pada beberapa perusahaan asuransi dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa perusahaan yang mengalami penuduhan, dimana Insurer mereka dituduh telah mengambil keuntungan dari pelanggan berulang kali dengan cara menaikkan harga premi kepada pelanggan yang telah menyatakan setuju akan perpanjangan otomatis.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Financial Conduct Authority menemukan bahwa surat perpanjangan premi di tahun sebelumnya memiliki dampak yang besar ketika harga premi dinaikkan. Ketika harga premi dinaikkan, hal ini mendorong hingga 18% orang untuk beralih ke premi yang lebih rendah. Hal tersebutlah yang memicu tindakan Financial Conduct Authority untuk mengatakan bahwa segala macam informasi mengenai pembaharuan harga premi harus dijelaskan secara mendetail dan memberikan kutipan perbandingan dengan premi yang mengalami pembaharuan.