Langkah Mudah Dalam Melakukan Klaim Asuransi Rumah atau Properti

Langkah Mudah Dalam Melakukan Klaim Asuransi Rumah atau Properti – Terkadang menurut anda mengurus klaim itu susah, ribet harus kesana-kemari, butuh tenaga dan waktu yang cukup lama. Tetapi jika anda mengikuti sesuai prosedur pihak asuransi dengan baik, tentu mengurusnya akan menjadi mudah. Begitu pula dengan mengurus klaim asuransi rumah atau properti, semua akan mudah jika anda ikuti prosedur klaim.

Dalam melakukan klaim memang mempunyai syarat serta ketentuan yang berlaku dan sebelumnya telah disepakati antara nasabah dan pihak asuransi. Sehingga ketika anda mau mengklaim asuransi tersebut harus sesuai prosedur yang berlaku. Biasanya juga anda akan dibantu agen asuransi yang anda naungi dalam mengurus dokumen klaim.

Melakukan klaim merupakan hal penting yang perlu anda ketahui dengan jelas agar mendapatkan uang pertanggungan sesuai yang tertera pada polis. Uang pertanggungan tersebut sangat penting manfaatnya untuk anda karena dapat mengembalikan kondisi keuangan setelah mengalami musibah yang menimpa rumah anda. Untuk itu, anda wajib mengerti tentang tata cara klaim asuransi rumah.

Supaya anda mengerti bagaimana cara mengurus klaim, simaklah ulasan kami berikut ini, tentang langkah mudah dalam melakukan klaim asuransi rumah atau properti yaitu :

Langkah Mudah Dalam Melakukan Klaim Asuransi Rumah atau Properti

asuransi rumah 635x548 » Langkah Mudah Dalam Melakukan Klaim Asuransi Rumah atau Properti
Langkah klaim asuransi rumah (Ilustrasi/pixabay)

Laporlah dalam waktu 3 x 24 jam setelah kejadian

Setelah kejadian, anda harus segera melapor kepada pihak asuransi, terutama pada agen asuransi yang mengurus anda dalam waktu 3 x 24 jam. Karena ini laporan pendahuluan, anda bisa melaporkannya melalui lisan, tulisan berupa surat, faksimile, teleks, dan fasilitas komunikasi lainnya. Dengan begitu agen asuransi akan membantu anda dalam mengurus klaim yang akan anda ajukan. Agen asuransi dengan sigap akan mendampingi anda hingga proses klaim selesai atau sampai anda mendapatkan uang pertanggungan yang merupakan hak anda.

Laporan total kerugian

Selanjutnya, anda harus segera membuat laporan atau keterangan tertulis tentang kerusakan atau kerugian yang disebabkan oleh peristiwa tersebut. Adapun yang wajib dicantumkan dalam laporan yakni :

  • Tempat, tanggal serta waktu peristiwa terjadi.
  • Penyebab terjadinya peristiwa tersebut.
  • Jumlah kerugian yang dialami menurut taksiran anda sendiri lengkap dengan bukti semua barang yang mengalami kerusakan, hilang, dan yang terselamatkan.

Nomor telepon, fax, alamat email, dan sebagainya yang bisa dihubungi untuk mempermudah proses klaim.
Selain itu juga informasi lainnya yang perlu disampaikan terhadap pihak asuransi dan mendukung proses klaim yang anda ajukan.

Dokumen pendukung klaim

Untuk data pendukung, anda perlu juga menyerahkan dokumen lain pendukung klaim kepada pihak asuransi. Dokumen ini bermanfaat untuk memudahkan proses klaim asuransi rumah yang anda ajukan, sehingga cepat diurus dan uang pertanggungan segera cair. Biasanya terdapat dua kemungkinan peristiwa yang terjadi pada rumah anda yaitu kerusakan dan pencurian. Tentu keduanya memerlukan dokumen yang berbeda.

Dokumen pendukung klaim untuk Pencurian

  • Surat klaim ditulis secara resmi lalu diserahkan kepada pihak asuransi.
  • Pencatatan barang yang hilang harus beserta spesifikasi lengkapnya (membutuhkan bukti pembelian untuk memverikasi nilai barang yang dicuri).
  • Ulasan tentang kronologi kejadian harus menerangkan detail kejadian, termasuk informasi terakhir saat melihat atau menggunakan barang yang dicuri, apakah kondisinya baik? lalu juga cantumkan nama yang pertama kali menyadari akan kehilangan barang tersebut.
  • Membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
  • Cantumkan juga penawaran harga untuk penggantian atau perbaikan barang yang telah dicuri.

Dokumen pendukung klaim untuk Kerusakan

  • Surat klaim ditulis secara resmi lalu diserahkan kepada pihak asuransi.
  • Pencatatan barang yang rusak harus beserta spesifikasi lengkapnya (membutuhkan bukti pembelian untuk memverikasi nilai barang yang rusak).
  • Ulasan tentang kronologi kejadian harus menerangkan detail kejadian, termasuk informasi terakhir saat melihat atau menggunakan barang yang dicuri, apakah kondisinya baik? lalu juga cantumkan nama yang pertama kali menyadari akan kehilangan barang tersebut.
  • Laporan teknis dari seseorang yang ditunjuk memperbaiki biasanya menyebutkan penyebab kerusakan serta seberapa besar kerusakan yang terjadi, apakah masih dapat diperbaiki atau tidak?
  • Cantumkan juga penawaran harga untuk penggantian atau perbaikan barang yang mengalami kerusakan.

Penelitian polis

Setelah anda mengajukan klaim sekarang tugas pihak asuransi yang akan meneliti polis yang anda ajukan. Penelitian itu meliputi apakah kerusakan atau kerugian terjadi sudah dalam masa pertanggungan dan apakah premi sudah anda bayarkan.

Penelitian klaim

Jika validitas polis sudah terkonfirmasi, kemudian pihak asuransi melakukan penelitian di lapangan untuk dengan jelas mengetahui : penyebab terjadi kerusakan atau kerugian, tempat terjadinya kerusakan atau kebakaran, taksiran jumlah kerugian yang terjadi, taksiran harga sisa barang atau mesin ataupun bangunan yang terselamatkan dari peristiwa yang terjadi.
Apabila ketika peristiwa terjadi anda kebetulan sedang berada di lokasi kejadian, maka yang wajib anda lakukan adalah :

  • Menjaga keslamatan harta benda yang telah ditanggungkan atau kepentingan lain yang juga ditanggungkan dan mengizinkan orang lain untuk ikut menyematkan harta benda atau kepentingan tersebut.
  • Membantu melancarkan proses penelitian dari pihak asuransi atau wakilnya atau pihak lain yang ditunjuk atas kerusakan atau kerugian yang terjadi.

Penunjukkan loss adjuster

Setelah melalui tahap-tahap di atas, selanjutnya untuk melakukan klaim asuransi rumah adalah berdasarkan hasil penelitian pihak asuransi. Dari mereka akan didapatkan informasi apakah klaim yang anda ajukan itu kasus sederhana ataukah rumit? Apabila masuk dalam kategori sederhana, maka klaim akan segera ditangani dan uang pertanggungan akan cair secepatnya. Namun, apabila kasus rumit atau jumlah kerugiannya cukup besar memerlukan waktu yang lama untuk penanganannya. Penilaian klaim atau claim assessment diserahkan pada pihak penilai kerugian atau loss adjuster yang telah ditunjuk oleh pihak asuransi dengan sepengatahuan anda.

Proses klaim tetap sama baik yang ditangani perusahaan asuransi sendiri maupun yang ditangani oleh penilai kerugian atau loss adjuster, anda tetap menyediakan dokumen sesuai prosedur klaim.

Demikianlah Langkah Mudah Dalam Melakukan Klaim Asuransi Rumah atau Properti, semoga bermanfaat.