Mana yang Menjadi Prioritas, Apakah Asuransi Jiwa ataukah Asuransi Kesehatan?

Belum semua masyarakat Indonesia mengerti akan pentingnya perlindungan diri. Mereka yakin bahwa apabila menjaga tubuh, pola makan, serta olahraga secara teratur dapat terhindar dari penyakit. Tetapi siapa sangka, penyakit dapat datang secara tiba-tiba tanpa tahu sebab pastinya. Kalau sudah begitu pasti bingung mencari bantuan kesana-kemari agar mendapatkan penanganan yang tepat dengan biaya yang cukup murah.

Beberapa orang berpendapat mempunyai asuransi jiwa dirasa bukan hal penting, hanya buang uang saja. Sayang sekali bagi mereka yang beranggapan seperti itu memang anda mengeluarkan uang setiap bulannya untuk pembayaran premi tetapi, anda pun akan mendapatkan manfaatnya ketika terjadi sesuatu kerugian yang tidak diinginkan. Bahkan bisa mendapatkan lebih dari perkiraan.

Namun, seiring berjalannya waktu masyarakat Indonesia mulai sadar betapa pentingnya mempunyai produk asuransi. Hal ini karena usaha dari perusahaan asuransi di seluruh Indonesia yang gencar dalam mempromosikan produk asuransi yang ada di perusahaan masing-masing. Sekarang ini Masyarakat Indonesia telah paham jika asuransi mampu menjadi penyelamat kondisi finansial layaknya investasi masa depan.

Asuransi banyak produk dan jenisnya, mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil hingga asuransi properti. Biasanya satu perusahaan asuransi sudah mempunyai produk-produk tersebut. Jadi, anda hanya dengan mendatangi salah satu perusahaan asuransi terpercaya di kota anda lalu pilih asuransi yang anda butuhkan. Dari sekian banyak produk asuransi yang paling diminati masyarakat Indonesia adalah Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan. Keduanyag mempunyai keunggulan yang mempuni dalam menanggung kerugian finansial pada nasabahnya.

Lalu mana yang harus diprioritaskan? Asuransi jiwa ataukah asuransi kesehatan. Apabila masih bingung mari kita ulas keduanya sehingga memudahkan anda ketika memilih dari dua produk asuransi tersebut.

Jika memilih asuransi, Mana yang Menjadi Prioritas, Apakah Asuransi Jiwa ataukah Asuransi Kesehatan?

asuransijiwa 635x461 » Mana yang Menjadi Prioritas, Apakah Asuransi Jiwa ataukah Asuransi Kesehatan?
Mana yang Anda prioritaskan asuransi kesehatan atau asuransi jiwa (Ilustrasi/pixabay)

Tentang asuransi kesehatan

Bagi setiap orang kesehatan adalah hal utama yang perlu dijaga. Karena apabila tidak sehat, tentu waktu kita akan tersita, pekerjaan terganggu, dan melewatkan semua peristiwa penting. Untuk itu, produk asuransi yang paling diminati masyarakat adalah asuransi kesehatan. Sebab, mereka pasti ingin memproteksi diri sehingga ketika terjadi hal yang mengganggu kesehatan akan mendapatkan perawatan yang maksimal.

Anda tahukan berapa biaya yang dikeluarkan jika terkena penyakit kritis yang biasanya penanganannya harus operasi, melakukan terapi, cuci darah atau yang lainnya, semua pengobatannya membutuhkan biaya besar. Bagaimana kalau seseorang tidak mempunyai persiapan sebelumnya? Bisa mendapatkan penanganan yang tepat? Lalu bagaimana cara mendapatkan biaya perawatan?

Kesulitan itu dapat teratasi apabila memiliki asuransi kesehatan. Tanpa ragu anda bisa langsung datang ke rumah sakit, lalu mendapat penanganan yang sesuai dengan penyakit, dan tidak usah memikirkan biaya yang dikeluarkan, karena telah ditanggung oleh pihak asuransi kesehatan. Selain mendaftar sendiri, umumnya asuransi kesehatan bisa anda dapatkan di perusahaan tempat anda bekerja.

Kelebihan mempunyai asuransi kesehatan

  • Membantu mengelola keuangan nasabahnya
    Kewajiban pembayaran premi setiap bulannya membuat anda sebagai nasabah terbiasa menyisihkan uang untuk anggaran kesehatan. Membayar premi membantu anda lebih cermat dalam mengalokasikan penghasilan setiap bulannya. Sehingga, uang anda jauh lebih bermanfaat bila dibandingkan untuk belanja. Itulah mengapa mempunyai asuransi kesehatan membantu mengelola keuangan.
  • Menanggung biaya pengobatan serta perawatan selama sakit
    Penyakit bisa datang kapanpun, dengan mempunyai asuransi kesehatan tak perlu risau lagi dengan biaya yang dikeluarkan. Pusatkan saja diri anda untuk proses penyembuhan. Apabila pikiran anda terbagi tentu sulit sembuh atau malah penyakit lebih parah. Memang biaya yang dikeluarkan ketika terkena penyakit kronis begitu besar karena harus membayar kunjungan dokter, biaya operasi, obat yang dibutuhkan, terapi, dan lain-lain. Proteksi asuransi kesehatan ada dua cara yaitu sistem reimbursement dan sistem kartu. Sistem reimbursement mewajibkan pemegang polis membayar terlebih dahulu semua biaya rumah sakit yang dikeluarkan, baru kemudian mengajukan klaim kepada perusahan asuransi. sedangkan sistem kartu proses pembayaran seluruh biaya rumah sakit dengan cara menunjukkan kartu provider dari perusahaan asuransi kesehatan.
  • Transfer resiko
    Nasabah asuransi kesehatan cukup hanya membayar premi yang besarnya relatif kecil untuk memperoleh manfaat besar. Di sini nasabah telah melimpahkan risiko atau ketidakpastian atas hidupnya kepada perusahaan asuransi.

Tentang asuransi jiwa

Asuransi jiwa merupakan produk asuransi yang termasuk dalam kategori populer di masyarakat Indonesia. Asuransi yang disiapkan untuk membantu keluarga setelah meninggal. Sehingga, keluarga tidak mengalami kemunduran secara finansial sepeninggalan anda. Asuransi ini bisa dikatakan sebagai pelindung keluarga. Asuransi jiwa adalah salah satu asuransi yang wajib dimiliki anda. Asuransi jiwa sangat berguna untuk masa depan anak-anak dan keluarga sepeninggalan anda.

Banyak perusahaan asuransi yang menggabungkan antara asuransi jiwa dengan asuransi pendidikan. Di Indonesia asuransi jiwa mempunyai 2 jenis yaitu Term Life dan Whole Life. Asuransi Term Life memberi perlindungan untuk jangka waktu tertentu dari 1, 5, sampai 10 tahun. Uang premi hangus di akhir periode, tetapi nilai pertanggungannya menjadi lebih besar. Sedangkan asuransi Whole Life memberika proteksi seumur hidup, harga preminya lebih mahal daripada Term Life. Jika nasabah belum meninggal selama masa kontrak, maka dapat mengajukan klaim dengan nilai pertanggungan lebih kecil.

Kelebihan mempunyai asuransi jiwa

  • Memberi pertanggungan atas resiko tak terduga
    Perjalanan hidup kita di dunia ini entah sampai kapan, tak tahu kapan kematian akan datang. Kita juga tak tahu ketika akan terkena suatu musibah yang menyebabkan tubuh cacat seumur hidup, sehingga membutuhkan biaya yang amat besar untuk berobat. Dengan mempunyai asuransi jiwa anda tak perlu khawatir lagi ketika bahaya datang, yang penting selalu berdo’a dan menjaga keselamatan. Asuransi jiwa akan menanggung biaya pengobatan selama anda sakit atau sesuai ketentuan pihak asuransi yang telah anda setujui.
  • Sebagai tabungan masa depan
    Selain memberi proteksi diri asuransi jiwa juga berperan sebagai tabungan untuk masa depan. Sebab, jumlah yang anda bayarkan kepada pihak asuransi nantinya akan dikembalikan dengan jumlah lebih besar. Tabungan tersebut bermanfaat untuk anak serta keluarga anda. bagi nasabah yang belum menikah, tabungan bisa dialihkan kepada ahli waris. Pengembalian uang pertanggungan biasanya mencapai 100% – 200% untuk semua kejadian saat sakit maupun kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia.
  • Menutup kerugian
    Saat anda mengalami cacat tubuh permanen atau meninggal akibat kecelakaan membuat anda tidak bisa lagi bekerja menafkahi keluarga. Melalui asuransi jiwa anda mampu menutup kerugian secara finansial. Keluarga anda sebagai ahli waris akan mendapatkan jaminan secara finansial untuk melanjutkan kehidupannya. Jadi, anak anda tidak terputus cita-citanya karena anda sudah meninggal. Atau uang pertanggungan tersebut bisa digunakan membayar hutang anda semasa hidup apabila ada.

Baik asuransi jiwa ataupun asuransi kesehatan sama pentingnya bagi seseorang. Tergantung anda mana yang lebih prioritas untuk anda maupun keluarga. Apabila anda merasa rentan terhadap suatu penyakit, sebaiknya prioritaskan asuransi kesehatan. Tetapi apabila anda mementingkan kehidupan keluarga di masa depan, anda bisa memilih asuransi jiwa.