OJK Terus Menggodok Aturan Penjualan Produk Asuransi Berbasis Investasi

OJK Terus Menggodok Aturan Penjualan Produk Asuransi Berbasis Investasi – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menggodok aturan mengenai diperbolehkannya perusahaan asuransi kerugian untuk menjual produk asuransi berbasis investasi, seperti yang dijual oleh perusahaan asuransi jiwa selama ini. Sebelumnya, hanya perusahaan asuransi jiwa yang boleh menjual produk berbasis investasi itu.

Deputi Komisioner Pengawas IKNB 2 OJK Dumoly F Pardede mengatakan, OJK masih melakukan pembahasan lebih mendalam terkait aturan tentang diperbolehkannya perusahaan asuransi umum untuk menjual produk asuransi berbasis investasi.

“Masih didiskusikan (aturan mengenai perusahaan asuransi umum diperbolehkan menjual produk asuransi berbasis investasi),” kata Dumoly, saat dihubungi Metrotvnews.com, di Jakarta, seperti diberitakan Senin (20/7/2015).

Penjualan Produk Asuransi Berbasis Investasi » OJK Terus Menggodok Aturan Penjualan Produk Asuransi Berbasis Investasi
Penjualan Produk Asuransi Berbasis Investasi (Gambar Ilustrasi)

Seperti diketahui, OJK berencana akan membolehkan perusahaan asuransi kerugian untuk menjual produk asuransi berbasis investasi. Hal tersebut seperti tercantum dalam Undang-Undang (UU) tentang Perasuransian yang salah satu pasalnya menyebutkan bahwa perluasan ruang lingkup usaha asuransi umum dan asuransi jiwa dapat berupa penambahan manfaat yang besarnya didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Dengan adanya aturan tersebut maka variasi produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kerugian akan semakin bertambah sehingga membuat masyarakat memiliki peluang untuk memilih produk asuransi yang lebih luas lagi daripada sebelumnya.

Ketika ditanya apakah aturan tersebut yang nantinya tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) akan rampung pada semester I-2015 ini, Dumoly mengaku bahwa hal tersebut belum bisa terjadi. Namun, ketika ditanya lebih lanjut apakah aturan itu akan diluncurkan pada tahun 2016 depan, Dumoly belum memberikan jawaban secara pasti. (Sumber: MetroTVNews)

Demikianlah OJK Terus Menggodok Aturan Penjualan Produk Asuransi Berbasis Investasi, semoga bermanfaat.