Pengertian dan Kriteria Asuransi Kesehatan Anak yang Tepat

Setiap manusia yang hidup di dunia selalu membutuhkan perlindungan, terlebih lagi anak-anak. Kita harus memberikan perlindungan ekstra kepada anak-anak karena mereka penerus kita dan generasi penerus bangsa. Sehingga semasa hidupnya dari bayi hingga dewasa harus terjaga dengan baik. Jangan biarkan anak anda mengalami penderitaan terhadap penyakit yang dideritanya tak kunjung sembuh karena alasan finansial. Untuk itu sediakan asuransi sebagai proteksi untuk anak anda sedini mungkin.
Terutama asuransi kesehatan, yang mampu menjamin kesehatannya hingga dewasa nanti. Jangan sampai anda tak menghiraukan asuransi kesehatan anak karena lebih memilih ke asuransi pendidikan yang akan menjamin pendidikannya. Padahal apabila anak anda tak sehat belum tentu dia dapat melanjutkan pendidikannya dengan baik. Jadi, antara asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan sama pentingnya.

Pengertian dan penjelasan asuransi kesehatan anak

asuransi kesehatan anak 635x406 » Pengertian dan Kriteria Asuransi Kesehatan Anak yang Tepat
Kriteria asuransi kesehatan anak yang tepat (Ilustrasi/pixabay)

Asuransi kesehatan anak adalah asuransi yang memberikan proteksi kepada anak yang namanya tercantum dalam polis dari risiko terkena penyakit atau kecelakaan secara finansial. Biasanya besarnya dana penggantian sejumlah tagihan dari pihak rumah sakit dengan batas limit tertentu sesuai rencana asuransi yang dipakai. Asuransi merupakan termasuk cara pengelolaan keuangan dalam keluarga.

Untuk anak-anak yang memang rentan terhadap serangan penyakit, tentu memiliki asuransi kesehatan adalah suatu keharusan. Jika perlu persiapkan asuransi kesehatan anak sejak masih dalam kandungan. Bukannya mendo’akan anak terkena penyakit, tetapi ini sebagai langkah berjaga-jaga terhadap kesehatan anak. Kelola keuangan keluarga dengan baik sehingga bisa membeli asuransi kesehatan anak, apapun pekerjaan anda usahakan anak mendapatkan perlindungan terhadap resiko terserang penyakit atau kecelakaan.

Pada umumnya asuransi kesehatan anak memberikan manfaat sama dengan yang didapat oleh orang dewasa. Namun, ada sedikit perbedaan yang penting sekali bagi anak karena anak lebih sering sakit dan mungkin disarankan untuk rawat inap daripada orang dewasa. Nah, asuransi kesehatan ini memberikan layanan berlebih terhadap anak yaitu, imunisasi, layanan check up secara rutin, kunjungan dokter, rawat jalan dan rawat inap, resep, perawatan gigi dan mata, pengecekan laboratorium dan jasa x-ray, maupun layanan darurat.

Sebaiknya anda mencantumkan dana kesehatan di perencanaan keuangan keluarga. Karena risiko terserang penyakit dan kecelakaan selalu ada, apalagi sekarang ini lingkungan hidup kita lebih polutif. Selain melindungi diri sendiri kita harus juga memperhatikan anak, pasti anda beranggapan nyawa anak lebih berarti daripada anda bukan? Tak ada yang mau anaknya sakit tetapi orang tua tak mampu membiayainya. Bagi anda yang masih muda dan produktif, mulailah rencanakan keuangan anda secara ideal, terutama setelah anda menikah.

Selain memberikan proteksi dengan asuransi kesehatan, sebaiknya juga anda mengajarkan cara hidup sehat kepada anak. Seperti, olahraga secara rutin, mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, jangan lupa untuk diimunisasi dan lain sebagainya.

Kriteria asuransi kesehatan anak yang tepat

  • Cek kelengkapan pelayanannya.
    Pilihlah asuransi kesehatan anak yang menjamin rawat inap, rawat jalan, pemeriksaan laboratorium, vaksinasi terhadap balita dan pelayanan kesehatan untuk anak lainnya. Namun, biasanya produk asuransi kesehatan yang mempunyai fasilitas lengkap harga preminya lebih mahal.
  • Perhatikan jaringan rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak asuransi kesehatan apakah banyak rumah sakit yang berkualitas baik? atau hanya rumah sakit yang biasa saja dan jaringannya hanya sedikit. Kalau bisa pilih pihak asuransi yang bekerja sama dengan rumah sakit langganan anda.
  • Perhatikan fasilitas yang didapat saat rawat inap.
    Umumnya, asuransi kesehatan individual menjamin biaya atas rawat inap dengan perincian biaya kamar per malam, Kunjungan dokter atau dokter specialis, kamar ICU, tindakan bedah, dokter anestesi, diagnosa dokter sebelum dan setelah rawat inap, serta berbagai perawatan lainnya. Pilihlah asuransi kesehatan yang menanggung baik biaya rawat inap maupun biaya rawat jalan, tetapi lebih prioritaskan yang menjamin baiaya rawat inap, sebab biayanya besar. Bila mempunyai uang lebih, anda bisa menambahkan fasilitas asuransi rawat jalan.
  • Pilihlah cara pembayaran yang mempermudah anda.
    Sistem pembayaran kartu lebih efisien digunakan daripada sistem klaim penagihan. Sebab, jika anak anda masuk rumah sakit, anda tidak perlu menanggung dulu semua biaya rumah sakit, tetapi hanya dengan menggesek kartu provider asuransi. Sistem cashless mengisyaratkan bahwa rumah sakit tempat anak anda dirawat telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi terkait, sehingga rumah sakit tersebut memiliki dan harus memasang mesin yang digunakan untuk menggesek kartu asuransi.
  • Sesuaikan produk asuransi dengan kemampuan dan kebutuhan anda.
    Pastikan asuransi yang anda pilih sesuai dengan kemampuan kantong anda dan kebutuhan anda. Hindari memaksakan diri memilih produk asuransi dengan fasilitas yang bagus, tetapi pilih saja yang fasilitasnya biasa tetapi layanan kesehatannya lengkap. Jangan sampai pembayaran premi memberatkan keuangan anda setiap bulannya.
  • Perhatikan keamanan dalam mengambil asuransi kesehatan.
    Hindari membeli asuransi kesehatan anak lewat telepon, biasanya tawarannya sangat bertele-tele dan terlalu menggiurkan. Pastikan membeli asuransi kepada agen profesional dari perusahaan asuransi atau anda bisa datang langsung ke perusahaan tersebut. Dengan begitu anda akan lebih jelas dan dapat bertanya secara lengkap tentang asuransi kesehatan.
  • Pilih perusahaan yang sudah berpengalaman dan reputasi bagus.
    Anda dapat meminta saran teman dan mencari informasi melalui internet. Karena jika anda asal pilih, bisa-bisa kerugian yang anda dapat bukannya keuntungan. Pilihlah yang fokus dengan asuransi saja, jangan yang bekerjasama dengan pihak lain seperti kartu kredit, bank atau lainnya.

Itulah pengertian, penjelasan, dan kriteria asuransi kesehatan anak. Semoga dengan diterbitkannya artikel ini dapat memberikan pencerahan dalam memilih asuransi kesehatan terbaik untuk anak tercinta.