Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Berwisata dan Cara Memilihnya!

Wisata atau berlibur sudah menjadi kebutuhan rutin bagi masyarakat. Dengan berwisata dapat melepaskan kepenatan selama bekerja, menghilangkan stres, dan tentunya dapat berkumpul bersama orang-orang tercinta. Waktu liburan akan menyenangkan bila dilakukan bersama-sama. Biasanya liburan dilakukan sebulan sekali, 6 bulan sekali, atau 1 tahun sekali tergantung dana yang ada. Tujuan wisata bisa di dalam negeri yang begitu banyak tempat yang indah atau ke luar negeri.

Pentingnya asuransi perjalanan » Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Berwisata dan Cara Memilihnya!
Pentingnya asuransi perjalanan (Ilustrasi/pexels)

Untuk berwisata seseorang harus menyediakan dana yang tak sedikit apalagi jika perginya bersama keluarga. Tentu budgetnya berbeda jika berlibur bersama sahabat, pasangan atau rekan kerja. Kesannya pun berbeda jika berlibur bersama keluarga, sahabat, pasangan dan rekan kerja.

Tetapi sayangnya, ketika berwisata banyak masyarakat Indonesia mengabaikan suatu hal yang sangat penting, yakni asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan kepada seseorang yang melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan menanggung kecelakaan dan kematian yang mungkin terjadi pada saat perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri. Kadang, saat berwisata mengalami sakit, membuat anda bingung entah kemana, inilah manfaatnya asuransi perjalanan. Mempermudah anda ketika bermasalah dengan kesehatan saat melakukan perjalanan.

Asuransi perjalanan atau travel insurance merupakan asuransi yang ditujukan untuk para traveler dan menanggung biaya yang dikeluarkan apabila mendadak sakit ataupun mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanan ke tempat wisata baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan ada asuransi perjalanan yang mengganti kerugian karena jadwal penerbangan diundur/ delay, keterlambatan bagasi, kehilangan barang baik akibat pencurian di pesawat maupun sebab lain yang bisa saja terjadi yang menyebabkan kematian, dan kehilangan dokumen. Tetapi asuransi perjalanan tak menanggung atas kerugian yang berhubungan dengan kasus terorisme, penyakit AIDS, penggunaan obat terlarang dan kerusuhan politik.

Perlu anda ketahui negara-negara maju di Eropa mengharuskan turis asing mempunyai asuransi perjalanan sebelum berwisata. Sedangkan turis Indonesia masih jarang yang memiliki asuransi perjalanan. Mungkin karena menurut para traveler biaya asuransi dirasa cukup memberatkan yang berkisar antara 400 ribu hingga puluhan juta rupiah sesuai lama perjalanan. Usia juga mempengaruhi biaya asuransi, semakin tua semakin mahal harga polis asuransinya. Sebab, orang usia lanjut lebih rentan terkena penyakit daripada usia muda.

Padahal sebenarnya beberapa perusahaan asuransi memberikan kemudahan untuk para traveler dengan menyediakan paket asuransi yang harga preminya cukup terjangkau yaitu Rp 10.000/ hari sampai Rp 40.000/ hari, tergantung perjalanan domestik ataupun mancanegara. Dengan adanya paket asuransi perjalanan yang terjangkau ini, membuat wisata anda menjadi tenang, aman, dan tanpa memikirkan hal jelek. Paket asuransi ini tidak dibayarkan secara rutin setiap hari, tetapi dibayar hanya saat berwisata saja.
Karena saking banyaknya produk asuransi yang ada saat ini, anda perlu mempelajari secara detail dan teliti sebelum membelinya. Fasilitas di setiap produk asuransi berbeda-beda, tergantung perusahaan asuransi dan harga premi yang dipilih. Asuransi yang dikelola oleh perusahaan lokal Indonesia jauh lebih murah dari perusahaan asuransi luar negeri, tentunya dengan fasilitas yang bisa dibandingkan.

Di bawah ini yang mesti anda persiapkan ketika memilih produk dan paket asuransi perjalanan:

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan anda

Traveling dapat dilakukan sendiri atau bersama pasangan, keluarga, sahabat, dan rekan kerja. Apabila berwisata bersama banyak orang, pilihlah produk asuransi perjalanan dengan premi rendah. Jadi, anda tidak terlalu keberatan atas biaya asuransi. Apabila anda telah memiliki asuransi kesehatan, maka jangan membeli produk asuransi perjalanan yang pertanggungannya meliputi biaya kesehatan. Belilah produk asuransi perjalanan yang menanggung kecelakaan, kehilangan barang, dan lain-lain. Perusahaan asuransi luar negeri memang harga preminya lebih mahal bila dibandingkan dengan perusahaan asuransi lokal. Namun, perusahaan asuransi luar negeri mempunyai fasilitas lebih lengkap serta berani menanggung resiko dengan cakupan yang lebih luas.

2. Lamanya anda pergi

Asuransi perjalanan mulai memproteksi diri anda sejak tanggal yang tercantum di polis asuransi. Jadi mulailah perjalanan tepat waktu jangan lebih awal ataupun lebih lambat tanpa merubah tanggal yang telah tertulis pada polis asuransi perjalananmu. Apabila anda berwisata hanya setahun sekali, maka asuransikanlah perjalanan itu saja. Anda pun dapat memilih asuransi perjalanan yang jaminannya tahunan apabila berencana berwisata ke beberapa tempat sekaligus dalam setahun.

3. Bandingkan asuransi yang satu dengan yang lain

Saat memilih produk asuransi perjalanan selalu baca dengan lengkap dan teliti, kemudian bandingkan dengan produk lainnya. Jika masih ragu, anda dapat meminta bantuan pada travel agent, pasti dengan senang hati dia akan aktif mengurus asuransi perjalanan untuk anda, jika ada sesuatu kemungkinan buruk yang menimpa anda di lokasi wisata. Jangan membeli asuransi perjalanan di perusahaan jasa transportasi, misal, maskapai penerbangan. Sebab, mungkin saja asuransi perjalanan anda akan tak terurus apabila perusahaan itu bangkrut.

4. Tujuan anda bepergian

Ada beberapa produk asuransi perjalanan yang memiliki cakupan sangat luas. Anda harus menjelaskan kepada pihak asuransi perjalanan tentang lokasi mana saja tujuan anda. Sehingga nantinya tidak membayar untuk lokasi yang tak anda kunjungi. Biasanya perusahaan asuransi perjalanan tak mau memproteksi perjalanan yang beresiko tinggi, misalnya, perjalanan ke tempat rawan bencana, perjalanan ke daerah konflik, wisata alam liar, serta olah raga ekstrim. Pemain surfing atau pendaki gunung, umumnya membayar premi karena aktivitas ekstrim mereka yang termasuk rawan dari cidera.

5. Latar belakang perusahaan asuransi

Pastikan perusahaan asuransi yang anda pilih mempunyai sejarah yang baik terutama dalam sistem klaim asuransi. Jangan tergiur dengan harga premi yang murah, yang malah proses klaimnya susah, fasilitasnya pun kurang memadai.