Perusahaan Asuransi Dongkrak Penjualan Lewat Lagu

Perusahaan Asuransi Dongkrak Penjualan Lewat Lagu – Saat para agen asuransi di Indonesia berupaya “membangkitkan semangat baru,” serempak mereka berdiri dan bernyanyi dengan lantang. Lewat nyanyian, mereka menggenjot upaya memperjuangkan konsumen.

Dari Jakarta hingga Hong Kong, ribuan agen asuransi jiwa memanfaatkan gelaran kumpul-kumpul internal untuk bernyanyi. Lagu-lagu yang mereka tulis sendiri itu bertujuan menegaskan dedikasi dalam menjual polis asuransi. Perusahaan asuransi di setidaknya enam negara Asia bersandar pada lagu-lagu, berirama rock hingga balada, untuk menyulut semangat sebelum bekerja.

Di Indonesia, para agen Manulife Financial, salah satu firma asuransi jiwa terbesar Kanada, mendendangkan lagu yang menggugah kepercayaan diri. Bagian lirik lagu berjudul “Growth with Quality” adalah “One team, one dream, and one spirit, Manulife for your future” (Satu tim, satu impian, satu semangat, Manulife untuk masa depan Anda).

Di kancah korporasi global, terutama di Jepang, lagu perusahaan sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, menurut para eksekutif, musik yang dinyanyikan para agen asuransi jiwa di Asia merupakan level baru dalam upaya menggalang motivasi.

Menurut para analis, para agen yang bernyanyi itu menjadi cerminan persaingan ketat dalam industri asuransi di Asia. Kawasan ini menjadi target sebagian besar pemain dunia karena penjualan melemah di negara-negara maju.

Promosi memikat bukan hal aneh di industri tersebut. Tahun lalu, contohnya, Prudential Asia, unit Prudential PLC asal Inggris, menjadi sponsor konser Rolling Stones di Asia. Tahun sebelumnya, AIA Group menjadi sponsor konser Justin Bieber di Korea Selatan.

Perusahaan Asia lain yang memiliki lagu khusus adalah Prudential, AIA, Ping An Insurance (Group) Co, dan Sun Life Financial.

Di Filipina dan Hong Kong, para agen Sun Life menyanyikan lagu berjudul “Under the Sun” dengan refrain yang berbunyi “Shine on, shine on; Experience the Sun, Life is brighter under the sun, Come on, come on, Experience the Sun, Life is brighter under the Sun.”

Perusahaan Asuransi Dongkrak Penjualan Lewat Lagu » Perusahaan Asuransi Dongkrak Penjualan Lewat Lagu
Ilustrasi perusahaan asuransi (Getty Images)

 

Para staf adalah pihak yang mendorong terciptanya lagu. Karena itu, para eksekutif mengatakan para agennya memanfaatkan musik sebagai upaya mengikat diri lebih kuat antara satu sama lain.

Asia menjadi kawasan menarik bagi firma asuransi global menyusul prospek pertumbuhan pasar. Bertumbuhnya kelas menengah memungkinkan lebih banyak orang untuk membeli polis asuransi.

Pada saat bersamaan, “terdapat kesenjangan perlindungan asuransi kesehatan yang besar,” ujar Robert Burr, kepala Life and Health Asia di Swiss Re.

Menurut Swiss Re, negara berkembang di Asia menyumbang 9,8% premi asuransi jiwa secara global pada 2013 dibandingkan dengan dasawarsa sebelumnya yang mencapai 3,3%. Pada periode yang sama, pangsa Amerika Utara merosot dari 29,4% menjadi 23,1%.

Asia pun menjadi medan laga. Perusahaan asuransi global mempekerjakan ribuan wiraniaga di kawasan dan menyiapkan kesepakatan dengan perbankan guna menjual premi di cabang-cabangnya.

Itulah mengapa lagu-lagu agen asuransi masih akan terus berkumandang, kata sejumlah perusahaan.

“Kalau kita punya lagu yang bagus, tim kita juga mendapat identitas yang hebat,” kata Huynh Thanh Phong, direktur utama perusahaan asuransi FWD. Tenaga penjualan yang senang akan berperan penting dalam menjalin kesepakatan dengan bank, tandasnya. (Sumber: The Wall Street Journal)

Demikianlah artikel Perusahaan Asuransi Dongkrak Penjualan Lewat LaguPerusahaan Asuransi Dongkrak Penjualan Lewat Lagu, semoga bermanfaat.