PRUuniversal Life : Produk Asuransi Tradisional dari Prudential

Bagi yang tidak ingin mengambil produk asuransi jangka panjang, asuransi kecelakaan, atau Dwi Guna, ada satu jenis produk yang bisa dipilih. Produk asuransi yang dimaksud adalah  PRUuniversal life. Produk asuransi tradisional dari Prudential ini merupakan asuransi jiwa yang sistem pembayaran preminya dilakukan secara berkala. Seperti jenis produk lainnya, manfaat yang bisa didapatkan oleh peserta adalah manfaat perlindungan atau proteksi dan manfaat nilai tunai. Masa berlaku dari produk asuransi ini adalah sejak tahun pertama polis dan selama polis aktif.

produk prudential pruuniversal life » PRUuniversal Life : Produk Asuransi Tradisional dari Prudential

Apa itu PRUuniversal Life?

Saat membahas produk asuransi, tidak akan lengkap jika tidak membahas mengenai sistem premi dan pertanggungan dari produk asuransi tersebut. Karena itu, berikut informasi terkait beberapa hal tersebut. Alokasi nilai tunai dari premi yang dibayarkan atau diinvestasikan akan disalurkan ke rekening Sub-dana simpanan milik Anda. Besar kecilnya investasi atau pembayaran premi dilakukan sesuai dengan apa yang tertulis dalam perjanjian. Khusus untuk asuransi universal life, mata uang rupiahlah yang digunakan sebagai satuannya.

Berkaitan dengan manfaatnya, peserta yang membeli produk asuransi universal life dari Prudential dapat memperoleh manfaat nilai tunai dan uang pertanggungan. Kedua macam manfaat tersebut berlaku jika ada setidaknya satu kondisi yang memenuhi. Kondisi yang pertama adalah apabila tertanggung meninggal dunia sebelum berusia 99 tahun. Kondisi ini memungkinkan pemberian manfaat uang pertanggungan dan nilai tunai. Kondisi lainnya berupa cacat total permanen di usia antara 6-70 tahun juga akan diberikan dua macam manfaat yang ada. Sementara itu, kondisi yang ketiga dimana tertanggung tetap hidup hingga tanggal berakhirnya pertanggungan hanya akan memungkinkan peserta untuk menerima manfaat berupa nilai tunai. Sebagai catatan tambahan, apabila tertanggung meninggal dunia sebelum berusia 5 tahun, pihak Prudential akan membayarkan uang pertanggungan yang besaran presentasenya dihitung berdasarkan usia tertanggung pada waktu ia meninggal. Pada umumnya, keterangan khusus ini akan dirinci lebih lanjut saat polis PRUuniversal life diajukan dan disetujui.

Saat Anda menjadi pemegang polis PRUuniversal life, ada beberapa kewajiban yang harus dipatuhi. Pertama, Anda harus memberikan informasi dengan benar dan lengkap serta memahami dokumen itu sendiri sebelum ditandatangani. Selain itu, Anda juga harus membayarkan premi sesuai jadwal yang disepakati oleh kedua pihak atau sebelum jatuh tempo.

Pada umumnya, pembayaran dilakukan secara berkala setiap bulan, beberapa bulan, atau tahunan. Mengapa pembayaran premi harus dilakukan tepat waktu? Hal tidak sebagai salah satu cara untuk memastikan bahwa polis tetap aktif. Bagaimana jika premi tidak dibayarkan tepat waktu? Anda memiliki resiko terkait status polis yang menjadi tidak aktif alias lapse. Karena hal ini, klaim manfaat asuransi tidak bisa dibayarkan.

Bagi yang belum memutuskan untuk membeli asuransi ini, pihak Prudential memberikan waktu untuk mempelajari polis. Lalu, berapa lama waktu yang disediakan untuk mempelajari segala hal terkait polis tersebut? Terhitung sejak tanggal menerima polis, Anda memiliki masa free-look atau masa mempelajari polis selama 14 hari. Apabila pada masa tersebut Anda menemukan ketentuan yang sekiranya kurang bisa diterima, langkah yang harus dilakukan adalah memberitahukan pada pihak Prudential. Caranya adalah dengan mengembalikan dokumen polis tersebut kepada pihak pengelola PRUuniversal life. Selanjutnya, pihak pengelola akan mengembalikan premi yang telah Anda bayarkan. Pengembalian premi tersebut nantinya akan dikurangi biaya-biaya yang dibutuhkan untuk penerbitan polis. Biaya yang dibutuhkan untuk memeriksakan kesehatan juga akan dikurangkan dari premi tersebut sesuai dengan ketetapan yang ada.

Demikian beberapa info yang harus Anda  ketahui seputar PRUuniversal life dari Prudential. Apakah Anda tertarik membeli asuransi ini?