Sama Seperti Mobil, Motor Juga Perlu Diasuransikan

Memang apabila anda belum pernah berasuransi rasanya sedikit malas melakukannya. Karena sebelumnya anda membayangkan bahwa asuransi itu hanyalah akal-akalan perusahaan saja. Anda disuruh membayar tiap bulannya tetapi manfaatnya hanya bisa dituai ketika terjadi sesuatu saja. Terlebih lagi agennya yang sering mengganggu dengan selalu menghubungi untuk menawarkan produk asuransinya. Tetapi jika anda perhatikan sebenarnya asuransi diperlukan dalam kehidupan yang anda jalani. Anda perlu perlindungan di setiap langkah perjalanan hidup anda. Sebab, keburukan tak tahu kapan datangnya, bisa saja di saat anda dalam keadaan finansial yang kurang baik. Sebetulnya niat dari agen asuransi adalah memberikan anda penjelasan secara detail mengenai asuransi.

Sama halnya seperti mobil, motor juga kendaraan yang bisa mengantarkan anda sesuai keinginan. Walaupun harganya tak semahal mobil, tetapi fungsi motor dan mobil sama untuk anda. Sama-sama dijalankan di jalan raya, rentan terhadap kecelakaan dan sama untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jadi, motor juga perlu anda asuransikan, apalagi jika motor anda unik atau limited edition di seluruh dunia, tentu sangat perlu dilindungi dari segala risiko yang bisa saja terjadi. Dalam memilih asuransi motor perlu kehati-hatian sama seperti memilih asuransi mobil. Butuh perusahaan yang track recordnya bagus, dapat dipercaya dan dicintai para nasabahnya.

Untuk memilih asuransi motor, anda membutuhkan tips khusus dalam memilih perusahaan asuransi motor yang tepat, adalah :

5 Tips Memilih Asuransi Motor

motor 635x449 » Sama Seperti Mobil, Motor Juga Perlu Diasuransikan
Motor perlu diasuransikan (Ilustrasi/pixabay)

1. Pilih perusahaan asuransi dengan mempertimbangkan brand asuransi

Pada umumnya brand asuransi atau merek asuransi menjadi pertimbangan utama bagi seseorang dalam memilih asuransi. Anda dapat mencari tahu track record perusahaan asuransi melalui web resmi perusahaan atau dengan cara bertanya kepada orang yang sudah menjadi nasabahnya. Mereka yang sudah merasakan manfaat dari perusahaan asuransi biasanya lebih tahu bagaimana pelayanan, proses, serta fasilitas yang diberikan perusahaan. Apabila anda bertemu dengan seseorang yang pernah dikecewakan perusahaan asuransi tersebut, cari tahu sebabnya, jangan langsung percaya.

2. Proses saat mengajukan klaim

Biasanya setiap perusahaan asuransi mempunyai proses atau ketentuan yang berbeda saat klaim diajukan oleh nasabah. Pilihlah perusahaan asuransi yang proses klaimnya mudah, tidak banyak persyaratan yang membingungkan anda dan pastikan perusahaan asuransi bekerja sama dengan bengkel yang berkualitas. Jadi, saat motor anda mengalami kerusakan akan diperbaiki dengan baik sesuai yang anda inginkan. Ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan layanan antar-jemput kendaraan sehingga anda tidak perlu susah payah mencari derek untuk membawa motor anda ke bengkel.

3. Pilih yang mempunyai agen dengan pelayanan prima

Pilihlah perusahaan yang menyediakan pendampingan agen bagi para nasabahnya. Sehingga saat terjadi peristiwa tak diinginkan anda bisa langsung menghubungi agen yang mengurus anda. Pastikan juga agen tersebut berwatak terpuji, ramah dan selalu mau menjawab semua pertanyaan yang anda ajukan. Agen profesional biasanya terdapat di perusahaan asuransi dengan brand terkenal.

4. Perhatikan juga diskon yang ada

Selain penawaran bonus liburan atau semacamnya, ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan diskon atau potongan harga dalam keadaan tertentu. Misalnya saat perusahaan sedang ulang tahun, hari besar, bonus karena selalu rajin membayar premi atau moment tertentu. Jadi, perusahaan tidak memberikan diskon tanpa syarat. Sebaiknya anda rajin menanyakan mengenai diskon kepada agen, jangan sampai karena hal ini membuat anda bermasalah ketika mengajukan klaim.

5. Pilih premi sesuai ukuran kantong anda

Pihak asuransi akan menawarkan berbagai pilihan fasilitas, keuntungan serta harga premi kepada anda. Pilihlah harga premi sesuai kebutuhan dan keadaan keuangan anda, kemudian pilih yang pembayaran preminya setiap bulan atau triwulan saja, sehingga tak kewalahan untuk anda. Karena selain anda ditawarkan pembayaran premi bulanan atau triwulan, juga ditawarkan pembayaran setiap enam bulan atau setahun sekali dengan maksud nantinya ada beberapa biaya tambahan yang dibebankan kepada anda. Jadi anda bisa dirugikan.

Hal-hal yang dijamin oleh perusahaan asuransi yang sesuai polis Standar Kendaraan Bermotor di Indonesia yang telah diterbitkan Dewan Asuransi Indonesia. Maka, polis akan menjamin resiko yang diakibatkan oleh :

  • Tabrakan, terbalik, tergelincir, benturan, maupun terperosok
  • Perbuatan jahat dari orang lain
  • Pencurian kendaraan, termasuk pencurian yang disertai dengan ancaman ataupun kekerasan
  • Kebakaran yang disebabkan oleh petir
  • Kerusakan yang terjadi selama kendaraan berada dalam penyeberangan kapal feri yang dibawah naungan Dirjen Perhubungan Darat
  • Biaya Derek kendaraan menuju bengkel

Resiko yang tak dijamin polis adalah :

  • Kehilangan keuntungan selama motor anda tak dapat digunakan karena kecelakaan
  • Kerugian yang disebabkan karena penggelapan
  • Hilang atau rusaknya peralatan non standar yang tidak tercantum dalam ikhtisar polis
  • Kerusakan akibat perbuatan yang dilakukan oleh tertanggung maupun keluarganya
  • Kendaraan yang digunakan untuk belajar mengemudi, perlombaan, karnaval atau untuk tidak kejahatan
  • Kelebihan muatan
  • Pengemudi tidak mempunyai SIM atau melanggar tata tertib lalu lintas
  • Barang muatan yang ada di dalam kendaraan
  • Akibat bencana alam, perang atau yang sejenisnya.

Apabila ketentuan di atas untuk motor baru, maka ada sedikit perbedaan bagi asuransi motor bekas. Pada umumnya kendaraan second tak banyak mempunyai pilihan asuransi, sistem TLO atau Total Lost Only lah yang biasa digunakan perusahaan asuransi dalam asuransi motor bekas. Sebab, akan membutuhkan biaya banyak apabila perusahaan asuransi menggunakan sistem komprehensif. Terdapat pembatasan untuk asuransi kendaraan bekas, sebab bila umur kendaraan 9 tahun, kemudian terjadi tabrakan, tentu penggantian komponen motor menjadi baru. Mengingat sparepartnya sudah sulit dicari dan biaya yang dikeluarkan pun jadi mahal. Pada sistem TLO, pihak asuransi menanggung kerugian kendaraan di atas 75% saja, apabila kurang dari nilai tersebut tidak ditanggung perusahaan. 75% ini dihitung oleh bengkel yang nantinya menangani kendaraan tersebut.

Sebaiknya memang mengasuransikan motor anda, supaya terhindar dari kerugian secara finansial akibat kecelakaan atau curanmor yang sekarang ini sedang marak terjadi.